INVESTIGATION) DILENGKAPI DENGAN METODE GALLERY LEARNING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN AKTIVITAS SISWA

ALISHA SURYANI KUSUMA, NIM. 10600013 (2015) INVESTIGATION) DILENGKAPI DENGAN METODE GALLERY LEARNING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN AKTIVITAS SISWA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (INVESTIGATION) DILENGKAPI DENGAN METODE GALLERY LEARNING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN AKTIVITAS SISWA)
10600013_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (INVESTIGATION) DILENGKAPI DENGAN METODE GALLERY LEARNING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN AKTIVITAS SISWA)
10600013_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) efektivitas pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation dilengkapi dengan metode Gallery Learning terhadap pemahaman konsep siswa daripada pembelajaran konvensional, (2) efektivitas pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation dilengkapi dengan metode Gallery Learning terhadap aktivitas siswa daripada pembelajaran konvensional. Model yang digunakan pada penelitian ini adalah model penelitian mix method (kuantitatf-kualitatif) dengan jenis penelitian menggunakan emmbedded eksperimental method. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX MTs Tauhidul Afkar tahun ajaran 2014/2015, sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah kelas IXA sebagai kelas eksperimen dengan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation dilegkapi dengan metode Gallery Learning dan kelas IXC sebagai kelas kontrol dengan model pembelajaran konvensional. Teknik analisis data menggunakan statistika inferensial yaitu uji-t dengan bantuan software SPSS 16.0 pada pretest-posttest pemahaman konsep dan kualitatif deskriptif pada lembar observasi aktivitas siswa. Berdasarkan penelitian yang telah dilaksanakan diperoleh hasil penelitian; (1) pembelajaran matematika menggunakan model kooperatif tipe Group Investigation dilengkapi dengan Gallery Learning lebih efektif terhadap kemampuan pemahaman konsep siswa daripada pembelajaran konvensional, (2) pembelajaran matematika menggunakan model kooperatif tipe Group Investigation dilengkapi dengan Gallery Learning lebih efektif terhadap aktivitas siswa daripada pembelajaran konvensional

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Sintha Sih Dewanti, M.Pd.Si
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Model Pembelajaran Group Investigation, Model Pembelajaran Gallery Learning, pemahaman konsep siswa, aktivitas belajar
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 21 Oct 2015 09:38
Last Modified: 21 Oct 2015 09:38
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17931

Actions (login required)

View Item View Item