EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN STRATEGI REACT BERBASIS ETNOMATEMATIKA DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN CINTA BUDAYA LOKAL SISWA SMP KELAS VII

DESSY RAHMAWATI, NIM. 10600052 (2015) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN STRATEGI REACT BERBASIS ETNOMATEMATIKA DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN CINTA BUDAYA LOKAL SISWA SMP KELAS VII. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN STRATEGI REACT BERBASIS ETNOMATEMATIKA DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN CINTA BUDAYA LOKAL SISWA SMP KELAS VII)
10600052_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (7MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN STRATEGI REACT BERBASIS ETNOMATEMATIKA DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN CINTA BUDAYA LOKAL SISWA SMP KELAS VII)
10600052_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah pembelajaran matematika menggunakan strategi REACT berbasis etnomatematika lebih efektif daripada pembelajaran konvensional dalam meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa SMP kelas VII serta mengetahui apakah pembelajaran matematika menggunakan strategi REACT berbasis etnomatematika lebih efektif daripada pembelajaran konvensional dalam meningkatkan cinta budaya lokal siswa SMP kelas VII. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah quasi experimental dengan desain nonequivalent control group design. Variabel penelitian ini terdiri atas variabel bebas yaitu strategi pembelajaran REACT berbasis etnomatematika serta variabel terikat yaitu kemampuan komunikasi matematis dan cinta budaya lokal. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIIA-VIIE SMP Negeri 4 Yogyakarta tahun ajaran 2014/2015, sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIIA sebagai kelas eksperimen dengan strategi pembelajaran REACT berbasis etnomatematika dan kelas VIIE sebagai kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan komunikasi matematis (pretest-posttest), angket cinta budaya lokal, serta lembar observasi. Teknik analisis data menggunakan statistika inferensial, yaitu uji-t dua sampel independen dan uji Mann-Whitney U untuk data yang tidak memenuhi uji prasyarat; normalitas dan homogenitas. Analisis data dilakukan dengan bantuan software SPSS 15.0 dan Microsoft Excel 2007. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran matematika dengan strategi REACT berbasis etnomatematika lebih efektif daripada pembelajaran konvensional dalam meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa SMP kelas VII sedangkan pembelajaran matematika dengan strategi REACT berbasis etnomatematika tidak lebih efektif daripada pembelajaran konvensional dalam meningkatkan cinta budaya lokal siswa SMP kelas VII.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Mulin Nu’man, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Strategi REACT Berbasis Etnomatematika, Kemampuan Komunikasi Matematis, Cinta Budaya Lokal.
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 21 Oct 2015 09:43
Last Modified: 21 Oct 2015 09:43
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17935

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum