EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING BERBASIS KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KREATIF MATEMATIS SISWA SMP

NAFIATUL QORIAH, NIM. 10600071 (2015) EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING BERBASIS KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KREATIF MATEMATIS SISWA SMP. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING BERBASIS KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KREATIF MATEMATIS SISWA SMP)
10600071_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (7MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING BERBASIS KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KREATIF MATEMATIS SISWA SMP)
10600071_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) penerapan model pembelajaran Creative Problem Solving berbasis kontekstual lebih efektif daripada model pembelajaran konvensional terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa. (2) penerapan model pembelajaran Creative Problem Solving berbasis kontekstual lebih efektif daripada model pembelajaran konvensional terhadap peningkatan kemampuan berpikir kratif matematis siswa Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi experiment) dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Variable penelitian ini terdiri atas variabel bebas yaitu model pembelajaran Creative Problem Solving berbasis kontekstual serta variabel terikat yaitu berpikir kritis dan kreatif. Populasi kelas ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Yogyakarta, sedangkan sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII A dan siswa kelas VIII B tahun ajaran 2014/2015. Instrumen yang digunakan adalah soal tes kemampuan berpikir kritis dan kreatif matematis. Teknik analisis data menggunakan Independent Sample T-Test dengan bantuan SPSS 16. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: model pembelajaran Creative Problem Solving berbasis kontekstual lebih efektif daripada model pembelajaran konvensional untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis siswa, model pembelajaran Creative Problem Solving berbasis kontekstual tidak lebih efektif daripada model pembelajaran konvensional untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Mulin Nu’man, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Creative Problem Solving, Pembelajaran Kontekstual, Berpikir Kritis, Berpikir Kreatif
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 21 Oct 2015 09:47
Last Modified: 21 Oct 2015 09:47
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17937

Actions (login required)

View Item View Item