PENINGKATAN KEMAMPUAN LITERASI DAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA SMP MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TREFFINGER

FITHRATUN NISA, NIM. 11600020 (2015) PENINGKATAN KEMAMPUAN LITERASI DAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA SMP MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TREFFINGER. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENINGKATAN KEMAMPUAN LITERASI DAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA SMP MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TREFFINGER)
11600020_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (24MB) | Preview
[img] Text (PENINGKATAN KEMAMPUAN LITERASI DAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA SMP MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TREFFINGER)
11600020_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya interaksi antara pembelajaran dengan kemampuan awal matematis siswa terhadap peningkatan kemampuan literasi matematis dan disposisi matematis siswa serta mengetahui ada atau tidaknya perbedaan antara peningkatan kemampuan literasi matematis dan disposisi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran dengan model pembelajaran Treffinger dibandingkan dengan siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan desain nonequivalent control group. Variabel penelitian ini terdiri dari dua variabel bebas berupa pembelajaran dengan model pembelajaran Treffinger dan kemampuan awal matematis siswa serta dua variabel terikat berupa kemampuan literasi dan disposisi matematis siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 12 Yogyakarta tahun ajaran 2014/2015, dengan sampel penelitian yang terdiri dari 2 sampel kelas yaitu kelas VIIC dan VIID. Kelas VIID dijadikan sebagai kelas eksperimen dengan treatment berupa model pembelajaran Treffinger, sedangkan kelas VIIC dijadikan sebagai kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Instrumen pengumpul data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan literasi matematis (pretest-posttest) serta skala disposisi matematis (precale-postscale). Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan statistik parametrik inferensial meliputi uji anova dua jalur dan uji-t satu pihak. Analisis data dilakukan dengan bantuan Software SPSS 16.0 dan Microsoft Excel 2010. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat interaksi antara pembelajaran dan kemampuan awal matematis terhadap kemampuan literasi maupun disposisi matematis siswa. Peningkatan kemampuan literasi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran dengan model pembelajaran Treffinger lebih baik dibandingkan dengan siswa yang memperoleh pembelajaran konvensioal, namun tidak terdapat perbedaan antara peningkatan disposisi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran dengan model pembelajaran Treffinger dibandingkan dengan siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Ibrahim, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Literasi Matematis, Disposisi Matematis, Model Pembelajaran Treffinger
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 21 Oct 2015 13:33
Last Modified: 21 Oct 2015 13:33
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17950

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum