PENINGKATAN KEMAMPUAN LITERASI DAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA SMP MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN MODEL ELICITING ACTIVITIES (MEAS)

OKIRIA USWATUN HASANAH, NIM. 116000027 (2015) PENINGKATAN KEMAMPUAN LITERASI DAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA SMP MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN MODEL ELICITING ACTIVITIES (MEAS). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENINGKATAN KEMAMPUAN LITERASI DAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA SMP MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN MODEL ELICITING ACTIVITIES (MEAS))
11600027_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (10MB) | Preview
[img] Text (PENINGKATAN KEMAMPUAN LITERASI DAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA SMP MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN MODEL ELICITING ACTIVITIES (MEAS))
11600027_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) peningkatan kemampuan literasi matematis siswa yang memperoleh pendekatan MEAs dibandingkan peningkatan kemampuan literasi siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional; (2) ada atau tidaknya interaksi antara pembelajaran dan kemampuan awal matematika (KAM) terhadap peningkatan kemampuan literasi matematika siswa; (3) peningkatan disposisi matematis siswa yang memperoleh pendekatan MEAs dibandingkan peningkatan kemampuan disposisi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional; dan (4) ada atau tidaknya interaksi antara pembelajaran dan kemampuan awal (KAM) terhadap peningkatan disposisi matematis siswa. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan non-equivalent control group design. Variabel dalam penelitian ini meliputi variabel bebas berupa pendekatan MEAs dan kemampuan awal matematika (KAM), serta variabel terikat berupa kemampuan literasi matematis dan disposisi matematis. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 2 Turi pada tahun ajaran 2014/2015 dengan sampel siswa kelas VIII C dan VIII D. Instrumen yang digunakan adalah soal pretest dan posttest kemampuan literasi matematis, skala disposisi matematis, dan lembar catatan lapangan. Teknik analisis data menggunakan uji-t satu pihak dan uji anova dua jalur (dengan taraf signifikansi 5%). Hasil penelitian ini adalah: (1) peningkatan kemampuan literasi matematis siswa yang memperoleh pendekatan MEAs lebih tinggi secara signifikan dibandingkan peningkatan kemampuan literasi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional; (2) tidak ada interaksi antara pembelajaran dan kemampuan awal matematika (KAM) terhadap peningkatan kemampuan literasi matematis; (3) peningkatan disposisi matematis siswa yang memperoleh pendekatan MEAs tidak lebih tinggi secara signifikan dibandingkan peningkatan disposisi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional; dan (4) tidak ada interaksi antara pembelajaran dan kemampuan awal matematika (KAM) terhadap peningkatan disposisi matematis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Dr. Ibrahim, M.Pd
Uncontrolled Keywords: pendekatan MEAs, kemampuan literasi matematis, disposisi matematis.
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum [IT Staff] ---- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 21 Oct 2015 06:37
Last Modified: 21 Oct 2015 06:37
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17953

Actions (login required)

View Item View Item