PENINGKATAN KEMAMPUAN LITERASI DAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA SMP MELALUI MODEL PEMBELAJARAN OSBORN

MARZUQOH, NIM. 11600028 (2015) PENINGKATAN KEMAMPUAN LITERASI DAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA SMP MELALUI MODEL PEMBELAJARAN OSBORN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENINGKATAN KEMAMPUAN LITERASI DAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA SMP MELALUI MODEL PEMBELAJARAN OSBORN)
11600028_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (28MB) | Preview
[img] Text (PENINGKATAN KEMAMPUAN LITERASI DAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA SMP MELALUI MODEL PEMBELAJARAN OSBORN)
11600028_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui interaksi antara pembelajaran dan kemampuan awal matematis terhadap peningkatan kemampuan literasi dan disposisi matematis siswa serta mengetahui peningkatan kemampuan literasi dan disposisi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran Osborn dibandingkan dengan siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuasi eksperimen dengan desain nonequivalent control group. Variabel dalam penelitian ini terdiri atas 2 variabel, yaitu variabel bebas berupa model pembelajaran Osborn dan kemampuan awal matematis, sedangkan variabel terikatnya berupa kemampuan literasi matematis dan disposisi matematis. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Negeri 14 Yogyakarta 2014/2015. Sampel dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VIII, dengan siswa kelas VIII A sebagai siswa di kelas eksperimen dan siswa kelas VIII C sebagai siswa di kelas kontrol. Instrumen dalam penelitian ini terdiri dari dua jenis instrumen yaitu instrumen pengumpulan data dan instrumen pembelajaran. instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa soal pretest-posttest, skala disposisi matematis dan catatan lapangan, sedangkan instrumen pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini berupa RPP dan bahan ajar. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah statistik parametrik inferensial meliputi uji anova dua jalur dan uji-t satu pihak. Analisis data dilakukan dengan bantuan software SPSS 15.0 dan Microsoft Office Excel 2007. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat interaksi antara pembelajaran dan kemampuan awal matematis terhadap kemampuan literasi matematis maupun disposisi matematis siswa serta peningkatan kemampuan literasi matematis dan disposisi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran Osborn lebih baik dibandingkan siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Dr. Ibrahim, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Literasi Matematis, Disposisi Matematis, Model Pembelajaran Osborn
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 21 Oct 2015 13:39
Last Modified: 21 Oct 2015 13:39
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17954

Actions (login required)

View Item View Item