PENGEMBANGAN KOMIK MATEMATIKA BERBASIS EDUTAINMENT UNTUK MEMFASILITASI PENCAPAIAN PEMAHAMAN KONSEP DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SMP/MTS KELAS VIII PADA POKOK BAHASAN LINGKARAN

DINI HIDAYANTI, NIM. 11600031 (2015) PENGEMBANGAN KOMIK MATEMATIKA BERBASIS EDUTAINMENT UNTUK MEMFASILITASI PENCAPAIAN PEMAHAMAN KONSEP DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SMP/MTS KELAS VIII PADA POKOK BAHASAN LINGKARAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN KOMIK MATEMATIKA BERBASIS EDUTAINMENT UNTUK MEMFASILITASI PENCAPAIAN PEMAHAMAN KONSEP DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SMP/MTS KELAS VIII PADA POKOK BAHASAN LINGKARAN)
11600031_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (11MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN KOMIK MATEMATIKA BERBASIS EDUTAINMENT UNTUK MEMFASILITASI PENCAPAIAN PEMAHAMAN KONSEP DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SMP/MTS KELAS VIII PADA POKOK BAHASAN LINGKARAN)
11600031_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (18MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) menghasilkan komik matematika berbasis edutainment untuk memfasilitasi pencapaian pemahaman konsep dan motivasi belajar yang layak digunakan, 2) mengetahui kualitas komik matematika berbasis edutainment berdasarkan penilaian para ahli. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) yang menggunakan model yang dikembangkan oleh Borg dan Gall. Pengembangan ini dilakukan dengan melalui 3 tahapan, yaitu tahap pendahuluan, pengembangan, dan uji coba produk. Instrumen penelitian yang digunakan yakni angket motivasi, tes evaluasi kemampuan pemahaman konsep, lembar pendapat siswa mengenai kualitas komik dan lembar penilaian kualitas komik untuk para ahli (dosen dan guru). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: 1) komik matematika berbasis edutainment berhasil dikembangkan dengan tahap: pendahuluan, pengembangan, dan uji coba produk, 2) kualitas komik yang dikembangkan adalah sangat baik dengan persentase keidealan 83% berdasarkan penilaian ahli materi dan baik dengan persentase keidealan 75,45% berdasarkan penilaian ahli media. Berdasarkan hasil evaluasi kemampuan pemahaman konsep, komik dikatakan telah berhasil memfasilitasi pemahaman konsep matematika siswa pada pokok bahasan lingkaran. Hal ini dilihat 65,62% dari banyaknya siswa yang mengikuti post-test memperoleh nilai lebih besar atau sama dengan KKM (Kriteria Ketuntasan Minimum). Persentase siswa yang memperoleh nilai lebih besar atau sama dengan KKM pada saat pre-test adalah 0%, sehingga persentase siswa yang memperoleh nilai lebih besar atau sama dengan KKM pada saat posttest lebih besar dibandingkan pada saat pre-test. Berdasarkan angket motivasi, komik dikatakan dapat memfasilitasi motivasi belajar siswa. Hal ini dilihat dari perolehan skor rata-rata angket motivasi setelah menggunakan komik adalah 69,8 termasuk kategori baik dengan persentase keidealan 72,71%. Skor rata-rata angket motivasi sebelum menggunakan komik adalah 67,1, sehingga skor rata-rata angket motivasi setelah menggunakan komik lebih besar dibandingkan dengan perolehan skor rata-rata angket motivasi sebelum menggunakan komik. Berdasarkan data yang diperoleh dari lembar pendapat siswa, kualitas komik yang dikembangkan adalah sangat baik dengan persentase keidealan sebesar 80,60%. Oleh karena itu, komik matematika berbasis edutainment pada pokok bahasan lingkaran ini layak digunakan dalam pembelajaran matematika

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Suparni, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Komik Matematika, Edutainment, Pemahaman Konsep, Motivasi Belajar, Lingkaran.
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum [IT Staff] ---- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 21 Oct 2015 06:40
Last Modified: 21 Oct 2015 06:40
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17955

Actions (login required)

View Item View Item