EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DENGAN TIME TOKEN TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA DAN KETERAMPILAN SOSIAL SISWA KELAS VII

LAXMI DYAH NURSANTI, NIM. 11600043 (2015) EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DENGAN TIME TOKEN TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA DAN KETERAMPILAN SOSIAL SISWA KELAS VII. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DENGAN TIME TOKEN TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA DAN KETERAMPILAN SOSIAL SISWA KELAS VII)
11600043_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (8MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DENGAN TIME TOKEN TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA DAN KETERAMPILAN SOSIAL SISWA KELAS VII)
11600043_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengetahui apakah model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan Time Token lebih efektif dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar matematika, (2) mengetahui apakah model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan Time Token lebih efektif dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional terhadap keterampilan sosial siswa. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi esperiment) dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah pembelajaran menggunakan model kooperatif tipe STAD dengan Time Token dan pembelajaran konvensional, sedangkan variabel terikat dalam penelitian ini adalah hasil belajar matematika dan keterampilan sosial siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs Negeri Yogyakarta I tahun ajaran 2014/2015. Sampel dalam penelitian ini kelas VII B sebagai kelas kontrol dan kelas VII E sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data meliputi tes dan observasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji Independent Sample T-test untuk menganalisis N-Gain dari hasil pretest dan posttest serta menghitung persentase untuk data hasil observasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa : (1) uji t untuk data N-Gain hasil belajar matematika siswa adalah 0,620 > 0,05 (H0 diterima) yang menunjukan bahwa pembelajaran matematika menggunakan model kooperatif tipe STAD dengan Time Token tidak lebih efektif daripada pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar matematika siswa, (2) hasil perhitungan persentase keterampilan sosial siswa untuk kelas eksperimen dikategorikan tinggi sedangkan untuk kelas kontrol masuk ke dalam kategori rendah hal ini menunjukan bahwa pembelajaran matematika menggunakan model kooperatif tipe STAD dengan Time Token lebih efektif daripada pembelajaran konvensional terhadap keterampilan sosial siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Suparni, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: kooperatif, STAD, Time Token, hasil belajar matematika, keterampilan sosial.
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum [IT Staff] ---- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 21 Oct 2015 06:41
Last Modified: 21 Oct 2015 06:41
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17956

Actions (login required)

View Item View Item