EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN ARIAS DENGAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP SELF EFFICACY DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA SMP

INSAN AGUNG NUGROHO, NIM. 11600045 (2015) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN ARIAS DENGAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP SELF EFFICACY DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA SMP. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN ARIAS DENGAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP SELF EFFICACY DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA SMP)
11600045_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (7MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN ARIAS DENGAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP SELF EFFICACY DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA SMP)
11600045_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran ARIAS dengan pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) terhadap Self efficacy matematika siswa dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional, dan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran ARIAS dengan pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional. Jenis penelitian ini adalah quasi experimental dengan desain nonequivalent control group design. Penelitian ini terdiri dari dua variabel, yaitu variabel bebas dan variable terikat. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran ARIAS dengan pendekatan CTL, sedangkan variabel terikatnya adalah self efficacy dan kemampuan pemecahan masalah matematika. Populasi dalam penelitian adalah siswa kelas VIII A–VIII H SMP N 3 Banguntapan Bantul tahun ajaran 2014/2015, sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII D sebagai kelompok eksperimen yang menggunakan model pembelajaran ARIAS dengan pendekatan CTL dan siswa kelas VIII F sebagai kelompok kontrol dengan model pembelajaran konvensional. Teknik analisis data menggunakan statistika inferensial, yaitu uji t-test (independent sample t-test) dan uji Mann Whitney untuk data yang tidak memenuhi prasyarat; normalitas dan homogenitas. Analisis data dilakukan dengan bantuan software SPSS 16.00 for windows. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) model pembelajaran ARIAS dengan pendekatan CTL tidak lebih efektif daripada pembelajaran konvensional terhadap self efficacy matematika siswa, (2) model pembelajaran ARIAS dengan pendekatan CTL lebih efektif daripada pembelajaran konvensional terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Suparni, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Model pembelajaran ARIAS dengan pendekatan CTL, Self Efficacy, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika.
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum [IT Staff] ---- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 21 Oct 2015 06:43
Last Modified: 21 Oct 2015 06:43
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17957

Actions (login required)

View Item View Item