“EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN MATEMATIKA NALARIA REALISTIK (MNR) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN SELF EFFICACY MATEMATIS SISWA SMP NEGERI 1 BANGUNTAPAN”

AFIFAH, NIM. 11600051 (2015) “EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN MATEMATIKA NALARIA REALISTIK (MNR) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN SELF EFFICACY MATEMATIS SISWA SMP NEGERI 1 BANGUNTAPAN”. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (“EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN MATEMATIKA NALARIA REALISTIK (MNR) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN SELF EFFICACY MATEMATIS SISWA SMP NEGERI 1 BANGUNTAPAN”)
11600051_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (“EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN MATEMATIKA NALARIA REALISTIK (MNR) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN SELF EFFICACY MATEMATIS SISWA SMP NEGERI 1 BANGUNTAPAN”)
11600051_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas metode pembelajaran Matematika Nalaria Realistik (MNR) daripada metode pembelajaran konvensional terhadap kemampuan berpikir kritis dan self efficacy matematis siswa. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan nonequivalent control group design. Variabel penelitian terdiri dari satu variabel bebas berupa metode pembelajaran Matematika Nalaria Realistik (MNR) dan dua variabel terikat berupa kemampuan berpikir kritis dan self efficacy matematis. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 1 Banguntapan, Bantul, Yogyakarta, dengan sampel penelitian kelas VIII H sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII E sebagai kelas kontrol. Instrumen pengumpul data yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen soal pretes-postes kemampuan berpikir kritis dan skala self efficacy matematis. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan statistik inferensial parametrik berupa uji T dan nonparametrik berupa uji U. Analisis data dilakukan dengan bantuan software SPSS 15.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) metode pembelajaran Matematika Nalaria Realistik (MNR) lebih efektif daripada metode pembelajaran konvensional terhadap kemampuan berpikir kritis; (2) metode pembelajaran Matematika Nalaria Realistik (MNR) tidak lebih efektif daripada metode pembelajaran konvensional terhadap self efficacy matematis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Suparni, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Matematika Nalaria Realistik (MNR), Kemampuan Berpikir Kritis, Self Efficacy Matematis.
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 21 Oct 2015 13:47
Last Modified: 21 Oct 2015 13:47
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17960

Actions (login required)

View Item View Item