ANALISA PENGARUH SUHU DAN KEBISINGAN TERHADAP KELELAHAN FISIK LAKI-LAKI DAN PEREMPUAN (STUDI KASUS DI LAB. ERGONOMI SAINTEK UIN SUNAN KALIJAGA)

RISAL NGIZUDIN, NIM. 08660065 (2015) ANALISA PENGARUH SUHU DAN KEBISINGAN TERHADAP KELELAHAN FISIK LAKI-LAKI DAN PEREMPUAN (STUDI KASUS DI LAB. ERGONOMI SAINTEK UIN SUNAN KALIJAGA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANALISA PENGARUH SUHU DAN KEBISINGAN TERHADAP KELELAHAN FISIK LAKI-LAKI DAN PEREMPUAN (STUDI KASUS DI LAB. ERGONOMI SAINTEK UIN SUNAN KALIJAGA))
08660065_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (7MB) | Preview
[img] Text (ANALISA PENGARUH SUHU DAN KEBISINGAN TERHADAP KELELAHAN FISIK LAKI-LAKI DAN PEREMPUAN (STUDI KASUS DI LAB. ERGONOMI SAINTEK UIN SUNAN KALIJAGA))
08660065_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan utama dari penelitian ini adalah menentukan apakah ada pengaruh suhu dan kebisingan terhadap kelelahan fisik. Responden pada penelitian ini terdiri dari 17 orang laki laki dan 12 orang perempuan yang semuanya berasal dari Fakultas Saintek UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, untuk menguji kelelahan fisik digunakan alat berupa treadmill, alasan memilih treadmill adalah karena treadmill merupakan alat yang cocok untuk menguji semua populasi, kecepatan pada treadmill disesuaikan dengan besarnya beban kerja yaitu 3.2 , 6.4, 9.7 km/jam untuk masing-masing beban ringan, ringan dan berat.dengan macam-macam beban kerja akan ditentukan selisih antara denyut nadi istirahat dan denyut nadi kerja. Faktor suhu yang mempengaruhi beban kerja juga dikelompokkan menjadi tiga yaitu suhu rendah, sedang, dan tinggi, untuk memperoleh suhu dingin yaitu 14o celcius digunakan ac duduk berkekuatan 2pk sedangkan untuk mencapai suhu tinggi 320 celcius digunakan 2 buah oven berkekuatan 1000watt. Sedangkan untuk faktor kebisingan digunakan speaker aktif yang berfungsi menciptakan kebisingan sebesar 50Db untuk kebisingan rendah, 80dB untuk kebisingan sedang dan 110dB untuk kebisingan tinggi,untuk mengetahui apakah ada pengaruh antara suhu dan kebisingan maka dilakukan Uji T independen dan uji anova diperoleh hasil bahwa suhu dan kebisingan berpengaruh signifikan terhadap kelelahan fisik laki-laki dan perempuan yaitu dengan nilai signifikasi 0.000<0.05, sedangkan berdasarkan uji anova 2 arah diperoleh hasil bahwa intensitas suhu dan kebisingan berpengaruh terhadap kelelahan fisik laki-laki dan perempuan dengan nilai signifikasi 0.000<0.05.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Tutik Farihah, S.T., M.Sc.
Uncontrolled Keywords: kelelahan fisik, suhu, kebisingan, laki-laki, perempuan, uji t , anova
Subjects: Tehnik Industri
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Industri (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum [IT Staff] ---- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 22 Oct 2015 01:28
Last Modified: 22 Oct 2015 01:28
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17978

Actions (login required)

View Item View Item