STRATEGI KPU JAWA TIMUR DALAM MENYOSIALISASIKAN PILKADA 2008 MELALUI MEDIA MASSA

NUR MUZAYANAH - NIM. 04210095 , (2009) STRATEGI KPU JAWA TIMUR DALAM MENYOSIALISASIKAN PILKADA 2008 MELALUI MEDIA MASSA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Tulisan dengan judul 'Strategi KPU Jawa Timur Dalam Menyosialisasikan Pilkada 2008 Melalui Media Massa' ini, berusaha meneliti tentang strategi yang digunakan KPU Propinsi Jawa Timur selaku penanggungjawab pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Jawa Timur pada pertengahan bulan Juli 2008. Permasalahan yang menjadi sorotan dalam skripsi ini adalah: bagaimana strategi KPU Propinsi Jawa Timur menyosialisasikan pelaksanaan Pilkada 2008 dengan memanfaatkan media massa. Strategi tersebut meliputi analisis masalah, penetapan tujuan, perencanaan program yang meliputi: segmentasi khalayak, penyusunan pesan, metode penyampaian pesan, pemilihan media, peranan komunikator, serta perencanaan pelaksanaan program. Selain perencanaan tersebut, dalam skripsi ini juga terdapat penjelasan singkat mengenai tindakan, kontrol serta evaluasi terhadap pelaksanaan Pilkada Jawa Timur 2008. Dalam penulisan skripsi ini, metode yang digunakan adalah metode analisis deskriptif kualitatif, yaitu cara analisis yang cenderung menggunakan kata-kata dalam menjelaskan fenomena atau data yang didapat. Adapun dari hasil penelitian ini, dapat diketahuio bahwa strategi yang digunakan oleh KPU Propinsi Jawa Timur dalam menyosialisasikan Pilkada 2008 adalah sesuai dengan prinsip manajemen komunikasi, yakni adanya perencanaan, tindakan, kontrol, serta evaluasi.. Keempat hal tersebut diimplementasikan dalam sosialisasi Pilkada Jawa Timur 2008 dengan memperhatikan aspek-aspek yang telah dijelaskan di atas. Skripsi ini juga menyertakan contoh kerjasama KPU Propinsi Jawa Timur dengan salah satu media massa lokal, yaitu JTV sebagai salah satu media TV pelopor di Jawa Timur. Selain itu, dijelaskan pula bahwa menurut KPU Propinsi Jawa Timur,media of air (tidak tayang melalui media elektronik) ternyata mempunyai keunggulan daripada media massa lain. KPU Propinsi Jawa Timur telah banyak melakukan sosialisasi tentang Pilkada kepada masyarakat Jawa Timur melalui spanduk, baliho, billboard, dan stiker.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: PEMBIMBING: KHOIRO UMATIN, M.SI
Uncontrolled Keywords: Strategi Komunikasi, Strategi Sosialisasi, dan Media Massa
Depositing User / Editor: Users 1 not found.
Last Modified: 04 May 2012 16:41
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/1798

Actions (login required)

View Item View Item