ANALISIS PENGARUH TEMPERATUR ATAU SUHU DAN PENCAHAYAAN TERHADAP KELELAHAN FISIK MAHASISWA FAKULTAS SAINSTEK UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA

KHAS KHASHOL KHAK, NIM. 08660068 (2015) ANALISIS PENGARUH TEMPERATUR ATAU SUHU DAN PENCAHAYAAN TERHADAP KELELAHAN FISIK MAHASISWA FAKULTAS SAINSTEK UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS PENGARUH TEMPERATUR ATAU SUHU DAN PENCAHAYAAN TERHADAP KELELAHAN FISIK MAHASISWA FAKULTAS SAINSTEK UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA)
08660068_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (7MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS PENGARUH TEMPERATUR ATAU SUHU DAN PENCAHAYAAN TERHADAP KELELAHAN FISIK MAHASISWA FAKULTAS SAINSTEK UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA)
08660068_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (2MB)

Abstract

Dalam suatu lingkungan kerja, manusia mempunyai peranan yang paling utama dalam kerja dimana manusia berperan sebagai perencana dan perancang suatu system kerja. Didalam melakukan pekerjaanya manusia selalu dipengaruhi oleh banyak faktor. Diantaranya faktor yang berpengaruh tersebut adalah kondisi lingkungan kerja dan kondisi fisik manusia. Penelitian ini menggunakan pengaruh temperatur/suhu dan pencahayaan terhadap beban kerja dengan menggunakan pengamatan terhadap 16 orang reponden untuk diambil sampel denyut nadi istirahat dan denyut nadi kerja. Dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh antara temperatur/suhu dan pencahayaan terhadap beban kerja/kelelahan fisik responden. Untuk mengetahui hasil output digunakan uji annova satu arah (one way annova) dan annova dua arah (two ways annova). Setelah dilakukan pengamatan dan pengukuran denyut nadi kerja terhadap 16 responden dalam perlakuan temperatur/suhu dan pencahayaan terhadap kelelahan kemudian dilakukan uji statistik dengan uji annova satu arah (one way annova), didapat hasil temperatur/suhu tidak ada pengaruhnya terhadap denyut nadi kerja (kelelahan fisik) hal ini dapat dilihat dari nilai signifikansi dengan nilai sig. 0.660 > 0.05. Sedangkan untuk pencahayaan terhadap kelelahan fisik didapat hasil pencahayaan tidak ada pengaruh terhadap beban kerja ringan dan beban kerja berat, hal ini dapat dilihat dari nilai signifikansi dengan nilai sig. 0.486 > 0.05, dan denyut nadi kerja sedang ada pengaruh untuk pencahayaan terhadap kelelahan fisik hal ini dapat dilihat dari nilai signifikansi dengan nilai sig. 0.040 < 0.05 yang berarti bahwa pencahayaan sedang ada interaksi pengaruhnya terhadap kelelahan fisik beban kerja sedang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Tutik Farikhah, S.T., M.Sc.
Uncontrolled Keywords: kondisi lingkungan kerja, temperatur, pencahayaan, kelelahan fisik, uji one way annova dan uji two ways annova
Subjects: Tehnik Industri
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Industri (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum [IT Staff] ---- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 22 Oct 2015 01:40
Last Modified: 22 Oct 2015 01:40
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17981

Actions (login required)

View Item View Item