PERANCANGAN BOTOL MINUMAN JAMU READY TO DRINK DENGAN MENGGUNAKAN KANSEI ENGINEERING (STUDI KASUS UKM BREGAS)

TEGUH TRI PRASETYO, NIM. 11660038 (2015) PERANCANGAN BOTOL MINUMAN JAMU READY TO DRINK DENGAN MENGGUNAKAN KANSEI ENGINEERING (STUDI KASUS UKM BREGAS). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERANCANGAN BOTOL MINUMAN JAMU READY TO DRINK DENGAN MENGGUNAKAN KANSEI ENGINEERING (STUDI KASUS UKM BREGAS))
11660038_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PERANCANGAN BOTOL MINUMAN JAMU READY TO DRINK DENGAN MENGGUNAKAN KANSEI ENGINEERING (STUDI KASUS UKM BREGAS))
11660038_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Jamu adalah obat tradisional Indonesia yang secara turun-temurun telah digunakan berdasarkan pengalaman untuk pengobatan yang terbuat dari tumbuhan, bahan hewan, bahan mineral, atau campuran dari bahan-bahan tersebut. Bahan-bahan dasar jamu dapat diolah menjadi minunam fungsional ready to drink. Dengan konsumen Indonesia yang merupakan implusive buyer dapat dijadikan alat untuk mendorong gemar konsumsi healty drink. Penelitian ini bertujuan untuk merancang desain kemasan botol minuman jamu ready to drink agar sesuai dengan keinginan konsumen. Dengan metode kansei engineering, penelitian akan menghubungkan citra (image) atau perasan dari konsumen ke dalam desain produk. kata kansei akan dijadikan parameter desain produk.untuk botol minuman yang di inginkan impulsive buyer. Item-item yang dijadikan objek penelitan pada botol adalah kepala, leher, badan dan bahan. Sampel desain dikumpulkan berasal dari produk botol yang beredar dipasar berjumlah 22 sampel. Kemudian di lakukan FGD untuk mendapatkan 7 desain yang paling disukai. Berdasarkan hasil pengolahan kata kansei yang sesuai dengan konsumen didapatkan 15 pasang kata. Kata –kata ini berasal dari 116 responden yang dipilih dengan menggunakan teknik proportionate stratified random sampling. Masyarakat yang berada dalam wilayah Fakultas Sains dan Teknologi dibagi menjadi 3 golongan yaitu mahasiswa, dosen dan staf tata usaha. Desain kode D04 terpilih menjadi desain terbaik yang memperoleh banyak respon positif dari 8 desain usulan yang tersedia.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Taufiq Aji, S.T., M.T.
Uncontrolled Keywords: Kansei Engineering, Kansei Word, FGD, Analisis Faktor, Ready to Drink, Uji Manova, proportionate stratified random sampling
Subjects: Tehnik Industri
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Industri (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 22 Oct 2015 09:40
Last Modified: 22 Oct 2015 09:40
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17984

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum