PERENCANAAN PEMELIHARAAN MESIN PRODUKSI PERCETAKAN MENGGUNAKAN METODE MARKOV CHAIN DI CV. DUNIA PRINTING SKRIPSI

ARIS ZAINUT THAIB, NIM. 08660093 (2015) PERENCANAAN PEMELIHARAAN MESIN PRODUKSI PERCETAKAN MENGGUNAKAN METODE MARKOV CHAIN DI CV. DUNIA PRINTING SKRIPSI. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERENCANAAN PEMELIHARAAN MESIN PRODUKSI PERCETAKAN MENGGUNAKAN METODE MARKOV CHAIN DI CV. DUNIA PRINTING SKRIPSI)
08660093_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PERENCANAAN PEMELIHARAAN MESIN PRODUKSI PERCETAKAN MENGGUNAKAN METODE MARKOV CHAIN DI CV. DUNIA PRINTING SKRIPSI)
08660093_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (2MB)

Abstract

CV. Dunia Printing adalah perusahaan yang bergerak di bidang percetakan mulai dari percetakan outdor, indor, kalander, posster dll. Permesinan yang terdapat di CV. Dunia Printing, diantaranya adalah Mesin Digital Printing Indoor,Mesin Digital Printing Outdoor, Mesin Digital Printing Indoor, Mesin Digital Printing Eco Solvent. Kerusakan yang sering terjadi pada mesin menimbulkan tingginya biaya pemeliharaan perusahaan, serta akan berakibat pada terhentinya proses produksi, keefektifan mesin menurun, dan tidak kalah penting konsumen dirugikan, kepercayaan perusahaan menurun membuat konsumen kurang loyal terhadap produk, ini berdampak negatif bagi perusahaan.Pemeliharaan tersebut dapat meliputi pemeliharaan Preventive dan pemeliharaan Corrective pemeliharaan tersebut untuk mencegahterjadinya kerusakan. Dengan adanya permasalahn tersebut maka akan di lakukan perrencanaan pemeliharaan mesin printing mengunakan metode Markov Chain dengan harapan untuk mengurangi biaya pemeliharaan.Dalam penelitian ini membagi kondisi mesin menjadi lima state yaitu baik, kerusakan ringan, kerusakan sedang, kerusakan agak berat, kerusakan berat.Hasil dari penelitian ini menjadwalan pemeliharaan mengunakan metode Markov Chain sebagai berikut : Mesin Digital Indoor di lakukan setiap 41 Hari , Mesin Digital Outdoor di lakukan setiap 55 Hari dan Mesin Digital Eco Solvant di lakukan stiap 45 Hari. Adapun total biaya usulan mengunakan metode Markov Chain sebesar Rp.417.827,62 terdiri dari biaya Mesin Digital Indoor, Mesin Digital Outdoor dan Mesin Digital Eco Solvant. Biaya ini lebih sedikit di bandingkan biaya teori perusahaan yang sebesar Rp.1.422.496 dengan membandingkan perhitungan teori perusahaan dan Markov Chain perusahaan menghemat biaya sbesar Rp.1.004.668,38.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Husna Ainu Syukri, S.T, M.T
Uncontrolled Keywords: Perencanaan, Biaya Pemeliharaan, Markov Chain.
Subjects: Tehnik Industri
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Industri (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum [IT Staff] ---- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 22 Oct 2015 09:43
Last Modified: 22 Oct 2015 09:43
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17986

Actions (login required)

View Item View Item