PENENTUAN RUTE ANTARAN AUTOMATED GUIDED VEHICLE (AGV) PADA FASILITAS PRODUKSI INDUSTRI KOMPONEN MENGGUNAKAN ALGORITMA ANT SYSTEM STUDI KASUS DI PT. INDOKARLO PERKASA (PT. IKP)

GANJAR PAMUJI, NIM. 10660033 (2015) PENENTUAN RUTE ANTARAN AUTOMATED GUIDED VEHICLE (AGV) PADA FASILITAS PRODUKSI INDUSTRI KOMPONEN MENGGUNAKAN ALGORITMA ANT SYSTEM STUDI KASUS DI PT. INDOKARLO PERKASA (PT. IKP). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENENTUAN RUTE ANTARAN AUTOMATED GUIDED VEHICLE (AGV) PADA FASILITAS PRODUKSI INDUSTRI KOMPONEN MENGGUNAKAN ALGORITMA ANT SYSTEM STUDI KASUS DI PT. INDOKARLO PERKASA (PT. IKP))
10660033_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENENTUAN RUTE ANTARAN AUTOMATED GUIDED VEHICLE (AGV) PADA FASILITAS PRODUKSI INDUSTRI KOMPONEN MENGGUNAKAN ALGORITMA ANT SYSTEM STUDI KASUS DI PT. INDOKARLO PERKASA (PT. IKP))
10660033_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (2MB)

Abstract

PT. Indokarlo Perkasa (PT. IKP) merupakan penghasil komponen karet yang digunakan dalam industri otomotif maupun non-otomotif. Dalam proses produksi komponen karet di PT. IKP digunakan alat material handling untuk melakukan pengantaran produk antar fasilitas. Proses material handling merupakan non-value added activity sehingga perlu dibuat seefektif dan seefisien mungkin. PT. IKP memiliki lantai produksi satu lantai dan aktifitas tinggi dengan banyaknya mesin sehingga dibutuhkan sistem terotomasi. Alat material handling yang sesuai untuk mengatasi hal tersebut adalah AGV. AGV membutuhkan penyesuaiaan layout dan membutuhkan perencanaan rute untuk menciptakan transportasi pengantaran produk yang efektif dan efisien. Perubahan layout yang diasumsikan sesuai dengan system terotomasi adalah pemasangan tombol selesai pada setiap mesin press, pemasangan garis panduan AGV, pemasangan penutup garis panduan AGV, dan pembuatan depot AGV di gudang. Untuk perencanaan rute dilakakukan pembuatan aplikasi penentuan rute menggunakan algoritma ant system. Urutan langkah algoritma ant system adalah pemilihan titik pertama secara acak, pemilihan titik berikutnya menggunakan aturan transisi status, dan dilakukan update pheromone setelah iterasi selesai. Aplikasi tersebut dirancang dengan kemampuan untuk merubah tata letak secara fleksibel, menampilkan animasi pergerakan semut, dan menampilkan data-data dalam sebuah tabel. Dengan fitur tersebut diharapkan dapat memudahkan user dalam menggunakannya. Eksperimentasi dilakukan dengan simulasi produksi dan menghasilkan rute 121(depot)11310610098484735363085928781 807476829065611021420273749565960 109121(depot) dengan jarak 151,8759 meter. Dari 10 iterasi yang dihasilkan dari aplikasi menunjukan hasil yang sama sehingga rute tersebut dianggap yang paling efektif dan efisien untuk perjalanan AGV dalam pengantaran produk.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Taufik Aji, M.T.
Uncontrolled Keywords: pengantran produk, material handling, AGV, rute, ant system
Subjects: Tehnik Industri
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Industri (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum [IT Staff] ---- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 26 Oct 2015 08:20
Last Modified: 26 Oct 2015 08:20
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/18007

Actions (login required)

View Item View Item