KORELASI ANTARA MOTIVASI BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PASCA GEMPA BUMI DI SD MUHAMMADIYAH BLAWONG I BANTUL YOGYAKARTA

ABIDIN FUADI NUGROHO, NIM. 02411152 (2007) KORELASI ANTARA MOTIVASI BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PASCA GEMPA BUMI DI SD MUHAMMADIYAH BLAWONG I BANTUL YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (7MB) | Preview
[img] Text
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

ABIDIN FUADI NUGROHO. Korelasi Antara Motivasi Belajar dengan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Pasca Gempa Bumi di SD Muharnmadiyah Blawong I Bantul. Skripsi. Yogyakarta:Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga 2007. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap ada tidaknya korelasi antara motivasi belajar dan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam pasca gempa bumi di SD Muhammadiyah Blawong I Bantul. Populasi penelitian ini adalah siswa SD Muhammadiyah Blawong 1 Bantul sebanyak 125 siswa. Pengambilan sample dalam penelitian ini adalah cluster random sampling dengan mengambil siswa kelas IV sampai kelas VI. Ukuran sampel ditentukan menggunakan taraf kesalahan 1% sehingga berdasar ketentuan Isaac dan Michael jumlah sampelnya berjumlah 125 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode angket, wawancara, observasi dan dokumentasi. Pengujian instrumen meliputi uji validitas dan uji reliabilitas. Hasil uji validitas menunjukkan dari 42 butir angket terdapat 40 butir terbukti valid, sedang hasil uji reliabilitas menunjukkan koefisien alpha 0,937 dan dinyatakan reliabel. Analisis data meliputi analisis deskriptif dan analisis korelasi. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Tingkat motivasi siswa SD Muhammadiyah Blawong I Bantul berada pada kategori sedang 2) Tingkat prestasi belajar siswa SD Muhammadiyah Blawong I berada pada kategori sedang 3) Ada hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi belajar pendidikan agama Islam dengan prestasi belajar pendidikan agama Islam yang ditandai dengan r = 0,664 dan p = 0,0000. Hal ini berarti semakin tinggi motivasi belajar siswa maka semakin tinggi pula prestasi belaar pendidikan agama Islam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Nur Munajat, M.Si
Uncontrolled Keywords: motivasi belajar, prestasi belajar, pendidikan agama islam
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftakhul Yazid Fuadi [staff it]
Date Deposited: 26 Oct 2015 08:43
Last Modified: 26 Oct 2015 08:43
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/18016

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum