PENDIDIKAN SEKS KELUARGA MUSLIM DAN PERGAULAN REMAJA DUSUN MUDAL DESA MUDAL KECAMATAN TEMANGGUNG KABUPATEN TEMANGGUNG JAWA TENGAH

AINUN KHABIB, NIM. 01410896 (2007) PENDIDIKAN SEKS KELUARGA MUSLIM DAN PERGAULAN REMAJA DUSUN MUDAL DESA MUDAL KECAMATAN TEMANGGUNG KABUPATEN TEMANGGUNG JAWA TENGAH. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
BAB 1, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (6MB) | Preview
[img] Text
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

AINUN KHABIB. Pendidikan Seks Keluarga Muslim dan Pergaulan Remaja Dusun Mudal Desa Mudal Kecamatan Temanggung Kabupaten Temanggung Jawa Tengah. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga, 2006. Penelitian ini bertujuan untuk menggungkapkan ada tidaknya hubungan antara pelaksanaan pendidikan seks keluarga muslim dengan pergaulan remaja. Diasumsikan bahwa pergaulan remaja berhubungan erat dengan pendidikan seks dalam keluarga. Hasil penelitian ini diharapkan akan dapat memberikan sumbangan pemikiran bagi para orang tua dan remaja dalam usaha meningkatkan mutu pendidikan Islam dan kualitas remaja di Dusun Mudal. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, yang mengambil latar Dusun Mudal dengan Jumlah populasi 25 keluarga (terdiri dari remaja dan orang tua). Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket, pengamatan, dokumentasi dan wawancara. Analisis instrumen meliputi analisis validitas dan reliabilitas. Hasil analisis validitas angket pelaksanaan pendidikan seks keluarga muslim menunjukkan bahwa dari 29 butir angket terdapat 24 butir yang dinyatakan sahih dan untuk validitas angket pergaulan remaja dari 32 butir angket, ada 25 butir yang dinyatakan sahih.sedangkan hasil analisis reliabilitas untuk angket pelaksanaan pendidikan seks keluarga muslim diperoleh hasil alpha 0,891 dan angket pergaulan remaja diperoleh alpha 0,898. Dari kedua hasil ini maka dinyatakan andal atau reliabel. Analisis data meliputi analisis deskriptif, analisis persentase, dan analisis korelasi. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Pendidikan seks keluarga muslim di Dusun Mudal berada pada level tinggi, yaitu ada 12 atau 48% dari 25 responden, sedangkan yang lainnya berada pada level yang sedang ada 7 orang atau 28% dari 25 responden, dan rendah ada 6 orang 24% dari 25 responden. 2) Pergaulan remaja di Dusun Mudal berada pada level tinggi, ada 12 atau 48% dari 25 responden, sedangkan pada level sedang ada 8 atau 32% dari 25 responden, dan . rendah ada 5 atau 20% dari responden. 3) Tidak ada hubungan positif yang signifikan antara pelaksanaan pendidikan seks keluarga muslim dengan pergaulan remaja.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Drs.Ichsan, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: pendidikan seks, Pergaulan remaja, keluarga muslim
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User / Editor: Miftakhul Yazid Fuadi, SIP.
Date Deposited: 26 Oct 2015 09:54
Last Modified: 26 Oct 2015 09:54
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/18025

Actions (login required)

View Item View Item