PEMIKIRAN MUHAMMAD IBN MUHAMMAD IBN AL HASAN (AL-TUSI) DALAM BIDANG TRIGONOMETRI (KAJIAN H ISTORIS TERHADAP KONTRIBUSI AI-TUSI DALAM BIDANG TRIGONOMETRI)

DWI PURWANTI, NIM. 03480343 (2007) PEMIKIRAN MUHAMMAD IBN MUHAMMAD IBN AL HASAN (AL-TUSI) DALAM BIDANG TRIGONOMETRI (KAJIAN H ISTORIS TERHADAP KONTRIBUSI AI-TUSI DALAM BIDANG TRIGONOMETRI). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PEMIKIRAN MUHAMMAD IBN MUHAMMAD IBN AL HASAN (AL-TUSI) DALAM BIDANG TRIGONOMETRI (KAJIAN H ISTORIS TERHADAP KONTRIBUSI AI-TUSI DALAM BIDANG TRIGONOMETRI))
BAB I, VI, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PEMIKIRAN MUHAMMAD IBN MUHAMMAD IBN AL HASAN (AL-TUSI) DALAM BIDANG TRIGONOMETRI (KAJIAN H ISTORIS TERHADAP KONTRIBUSI AI-TUSI DALAM BIDANG TRIGONOMETRI))
BAB II, III, IV, V.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (2MB)

Abstract

Salah satu sebab terhentinya aktivitas ilmiah di kalangan umat muslim karena adanya pertumpahan darah di Baghdad. Aktivitas ilmiah Islam ini mulai bangkit kembali ditandai dengan adanya pendirian sebuah observatorium di Maragha yang diketuai oleh al-Tusi. Al-Tusi adalah salah satu tokoh universal yang menguasai berbagai bidang ilmu sekaligus. Pada bidang matematika al-Tusi mempunyai kontribusi yang besar khusw;nya pada geometri rlnn trir;nnnmr-tri Dalam Skripsi ini ada dua permasalahan yang diangkat yaitu bagaimana kontribusi Al-Tusi dalam bidang geometri dan trigonometri serta bagaimana AlTusi membuktikan aturan sinusnya. Dengan demikian, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kontribusi al-Tusi dalam bidang geometri dan trigonometri serta untuk melihat bagaimana al-Tusi membuktikan aturan sinusnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan matematis dan pendekatan sejarah. Pendekatan matematis digunakan untuk melihat teori-teori trigonometri dan atu1a.u ~iuu::;. Se;;uangkan pP.ndP.Iumm :Pjsm1h diguna.J.:an untuk melihat rn11:•:.•u lulu al-Tusi. Untuk dapat mendcskripsikan hasil penelitian, Jiperlukan metode dokumentasi berupa karya atau referensi yang berkaitan dengan al-Tusi. Setelah data terkumpul dilakukan anal isis data secara deskriptif analitis. Berdasarkan hasil penelitian, pada bidang geometri al-Tusi mempunyai andil dalam pembuktian postulat ke-5 Euclid dan diketahui bahwa pemikiran alTusi terhadap postulat ke-5 Euclid diberikan melalui proposisi beserta pembuktiannya. Hal ini dapat dilihat dalam bab V sub judul pemikiran AI-Tusi mengenai postulat Euclid. Sedangkan dalam bidang trigonometri dapat dikatakan bahwa al-Tusi mampu menjadi pioner dalam pembuktian aturan sinus dan pembuktiannya dilakukan melalui penggambaran busur lingkaran yang ini jelas berbeda dari kajian umum yang selama ini dipelajari.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris - Biologi, B. Inggris, Kimia, Matematika, Fisika (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum [IT Staff] ---- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 27 Oct 2015 02:02
Last Modified: 27 Oct 2015 02:02
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/18031

Actions (login required)

View Item View Item