PENINGKATAN PEMAHAMAN SISWA MELALUI KERJA KELOMPOK DENGAN PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME PADA POKOK BAHASAN JAMUR UNTUK SISWA KELAS X SMA MUHAMMADIYAH 2 YOGYAKARTA

ERI FARIFAH, NIM. 02451241 (2007) PENINGKATAN PEMAHAMAN SISWA MELALUI KERJA KELOMPOK DENGAN PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME PADA POKOK BAHASAN JAMUR UNTUK SISWA KELAS X SMA MUHAMMADIYAH 2 YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENINGKATAN PEMAHAMAN SISWA MELALUI KERJA KELOMPOK DENGAN PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME PADA POKOK BAHASAN JAMUR UNTUK SISWA KELAS X SMA MUHAMMADIYAH 2 YOGYAKARTA)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PENINGKATAN PEMAHAMAN SISWA MELALUI KERJA KELOMPOK DENGAN PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME PADA POKOK BAHASAN JAMUR UNTUK SISWA KELAS X SMA MUHAMMADIYAH 2 YOGYAKARTA)
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (4MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk. ( 1) Mengetahui keterlaksanaan proses pembe1ajaran bio1ogi dengan pendekatan konstruktivisme pada pokok bahasan jamur yang dilaksanakan oleh siswa kelas XA SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta semester I Tahun Ajaran 2006/2007. (2) Mengetahui jumlah siklus yang dilakukan untuk mencapai kompetensi pemahaman siswa pada proses pembelajaran biologi dengan pendekatan konstruktivisme. (3) Mengetahui perkembangan tingkat pemahaman siswa untuk setiap siklus yang dilakukan pada proses pembelajaran biologi dengan pendekatan konstruktivisme polmk hflhasan jamur untul' !li!lwu kclas XA SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta semester I Tahun Ajaran 2006/2007. besain penelitian ini ada1ah Penelitian Tindakan Ke1as (Classroom Action Reseach) yang dilaksanakan di SMA Muhammadiyah 2 Yogyakaria oleh siswa kelas XA semester I Tahun Ajaran 2006/2007 dengan jumlah siswa 38 orang. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus. Siklus I sub pokok bahasan Klasiftkasi Jamur dan siklus ll sub pokok bahasan Peran Jamur Bagi Kehidupan. Data pemahaman konsep (kognitif) siswa diperoleh dati hasil soal pretes dan postes. Data keaktifan siswa saat diskusi kelaS diperoleh me:lRhli ob~ervasi pada ount pcmbc.lajarau .,~i.lang barlungsung. Uata pemahaman konsep siswa dianalisis secara deskriptif dengan cara mencari ejfeci size ( selisih rerata pretes dan postes ). Perbedaan yang signittkan adalah apabila nilai rerata postes lebih besar dari nilai rerata pretes. Data keaktifan siswa dianalisis secara ~elikriptif Of.m~qn tolmiJt }'K<rl'lllllfl M~ Hasil penelitian menunjukkan bahwa ( 1) Proses pembelajaran biologi yang dtlakukan dengan menggunakan pendekatan konstruktivisme pada pokok bahasan jamur dapat dilaksanakan oleh siswa kelas XA SMA Muhamamdiyah 2 Yogyakarta semester 1 Tahun Ajaran 2006/2007. (2) Ketercapaian basil belajar (kompetensi pemahaman siswa) dapat tercapai dengan menggunakan 2 siklus proses pembelajaran. (3) Terjadi perkembangan tingkat pemahaman siswa pada setiap sildus yang dilakukan. Pada siklus I perkembangan tingkat pemahaman dari pretes ke postes yang terbanyak adalah tingkat pemahaman translasi dan ekstrapolasi yaitu sebesar 32,63 dan D,95%. Peningkatan kedua pemahaman tersebut sebesar 3,42%. Pada siklus II perkembangan tingkat pemahaman dari pretes ke postes yang terbanyak adalah tingkat pemahaman translasi yaitu sebesar 29~73%. Peningk~t\nnya adalah 4,1%

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Sudjoko, M.S
Uncontrolled Keywords: Pemahaman , Kerja Kelompok, dan Pendekatan Konstruktivisme
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris - Biologi, B. Inggris, Kimia, Matematika, Fisika (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum, S.Kom ------- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 27 Oct 2015 02:06
Last Modified: 27 Oct 2015 02:06
URI: https://digilib.uin-suka.ac.id:80/id/eprint/18032

Actions (login required)

View Item View Item