ANALISIS KADAR VITAMIN C PADA BERBAGAI JENIS CABAL (CAPSICUM LINN) SEBAGAI AL TERNATIF SUMBER BELAJAR KIMIA SMAJMA KELAS X

FAJAR INDARSIH, NIM. 00440363 (2007) ANALISIS KADAR VITAMIN C PADA BERBAGAI JENIS CABAL (CAPSICUM LINN) SEBAGAI AL TERNATIF SUMBER BELAJAR KIMIA SMAJMA KELAS X. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS KADAR VITAMIN C PADA BERBAGAI JENIS CABAL (CAPSICUM LINN) SEBAGAI AL TERNATIF SUMBER BELAJAR KIMIA SMAJMA KELAS X)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS KADAR VITAMIN C PADA BERBAGAI JENIS CABAL (CAPSICUM LINN) SEBAGAI AL TERNATIF SUMBER BELAJAR KIMIA SMAJMA KELAS X)
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variasi jenis cabai dan tingkat kemasakan buab terhadap kadar vitamin C pada buah cabai. Setelah dilakukan seleksi dan modifikasi terhadap hasil penelitian, diharapkan hasil penelitian ini dapat dimanfaatkan sebagai altematif sumber belajar kimia SMAIMA. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Populasi da1am peneliti1m ini ::ui::~J::th c.~h~i, "P:rl~nelnm "~mpP:lnyt~ t:"t~bai h-riting, cabai besar/buhat, dati paprika. Masmg-masmg Jems cabal m1 d~ambtJ cabai yang masih hijau dan merah. Analisis kadar vitamin C dilakukan dengan uji kualitatif dan uji kuantitatif dengan metode iodimetri. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan ANA VA AB, jika menunjukkan beda yang signifikan dilakukan dengan uji DMRT (Duncan Multiple Range Test) Hasil penelitian menunjukkan bahwa variasi jenis cabai dan tingkat kemasakan buah memberikan pengaruh terhadap kadar vitamin C. Kadar vitamin C dinyatakan dalam mg/1 OOgr buah yang dikonsumsi. Kadar vitamin C paling banyak terdapat pada paprika dengan tingkat kemasakan merah sebesar 120,615 mg/1 OOgr. Hasil analisis ANA VA AB menunjukkan babwa variasi jenis cabai dan tingkat kemasakan buah berpengarub nyata (F hitung > F table pada taraf signifikan 5 %) terhadap kadar vitamin C dan dilakukan uji lanjut DMRT. Hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai sumber belajar kimia SMAIMA kelas X semester 2 pada Materi Pokok Reaksi Oksidasi-Reduksi setelah melalui seleksi dan modifikasi berdasarkan kurikulum 2006 dengan metode praktikum yang ditunjang LKS (Lembar Kerja Siswa).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dra. Eddy Sulistyowati, Apt., M.S.
Uncontrolled Keywords: cabai, vitamin C, LKS (Lembar Kerja Siswa)
Subjects: Pendidikan Kimia
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris - Biologi, B. Inggris, Kimia, Matematika, Fisika (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 27 Oct 2015 09:09
Last Modified: 27 Oct 2015 09:09
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/18033

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum