STUDI PEMIKIRAN M. QURAISH SHIHAB TENTANG POLITIK (SIYASAH) SERTA PERAN PEREMPUAN DI DALAMNYA DALAM TAFSIR AL-MISBAH

ALKARIMAH, NIM. 03370332/02 (2007) STUDI PEMIKIRAN M. QURAISH SHIHAB TENTANG POLITIK (SIYASAH) SERTA PERAN PEREMPUAN DI DALAMNYA DALAM TAFSIR AL-MISBAH. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (STUDI PEMIKIRAN M. QURAISH SHIHAB TENTANG POLITIK (SIYASAH) SERTA PERAN PEREMPUAN DI DALAMNYA DALAM TAFSIR AL-MISBAH)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (13MB) | Preview
[img] Text (STUDI PEMIKIRAN M. QURAISH SHIHAB TENTANG POLITIK (SIYASAH) SERTA PERAN PEREMPUAN DI DALAMNYA DALAM TAFSIR AL-MISBAH)
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (19MB)

Abstract

Perempuan merupakan salah satu pondasi sebuah bangsa yang dapat menentukan baik-buruknya sebuah generasi yang akan datang. Bahkan salah seorang pujangga Arab mengibaratkan perempuan sebagai "soko guru pendidikan sebuah Kaum". Islam secara ideal membuka kescmpatan dan peran yang sama bagi lakilaki dan perempuan sesuai konteks keadilan dan kcmaslahatan umat untuk berprestasi dalam berbagai bidang lapangan kchidupan dan mensetarakan peran laki-laki dan perempuan dalam mendulang pahala dan keberkahan dalam beramal untuk kepentingan akhirat, demikian juga terhadap masalah keduniaan. Laki-laki dan perempuan mendapatkan hasil sesuai dengan jerih payahnya masing-masing dan Allah SWT tidak akan membedakannya. Selama itu masih dalam koridor yang tidak melanggar syari'at. Maka dari itu, karena berbagai pembahasan serta solusi permasalahan umat termasuk politik telah terangkum di dalam al-Qur'an, penelitian lebih lanjut di dalamnya adalah sejauh mana penggalian nilai-nilai ai-Qur'an tersebut agar dapat diterapkan secara optimal dalam kehidupan umat. Untuk itulah diperlukan suatu pengkajian dalam tafsir al-Qur'an. Dari sekian banyak mufassir serta metode-metodenya, penyusun lebih menjatuhkan pilihan kepada sosok M. Quraish Shihab dalam karya Tafsir-nya yaitu Kitab Tafsir ai-Misbah. Hal ini dilatar belakangi oleh semangat yang dibawa Quraish Shihab untuk membawa umat ke dalam pemahaman yang ideal tentang mcmahami makna al-Qur'an untuk membcrikan solusi pennasalahan umat termasuk di dalamnya. Fatwa-fatwanya yang cenderung menyejukkan serta luasnya wawasan keagamaan yang ditawarkan menjadi suatu keindahan tersendiri. Peran percmpuan dalam Politik menurut pandangan M. Quraish Shihab dalam Kitab Tafsr Al-Misbah-nya diisyaratkan oleh adanya sebab akan suatu potcnsi yang sama bagi laki-laki dan perempuan untuk dapat memimpin atau berperan dalam usaha memakmurkan umat dan berposisi dalam arti menyeru kcpada kebenaran dan mencegah kebathilan. Memang pada akhimya, Quraish Shihab yang tidak mempunyai latar belakang sebagai ulama ahli politik- jualah yang menjadikan penelitian ini tidak menawrrkan kedalaman esensi konsep po!itik serta peran perempuan di dalamnya. Hanya saja wacana yang berbeda tentu saja tetap layak untuk kita ambil hikmahnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Drs. M. Rizal Qosim, M.Si
Subjects: Jinayah Siyasah
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Jinayah Siyasah (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 27 Oct 2015 09:22
Last Modified: 27 Oct 2015 09:22
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/18035

Actions (login required)

View Item View Item