PUTUSAN HAKIM TENTANG PEMBATALAN NIKAH SALAH WALI DI PENGADILAN AGAMA TULUNGAGUNG TAHUN 2006 (STUDI PUTUSAN No. 461 Pdt.G/2006/PA.TA)

SITI FAIZAH, NIM. 03350100 (2007) PUTUSAN HAKIM TENTANG PEMBATALAN NIKAH SALAH WALI DI PENGADILAN AGAMA TULUNGAGUNG TAHUN 2006 (STUDI PUTUSAN No. 461 Pdt.G/2006/PA.TA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PUTUSAN HAKIM TENTANG PEMBATALAN NIKAH SALAH WALI DI PENGADILAN AGAMA TULUNGAGUNG TAHUN 2006 (STUDI PUTUSAN No. 461 Pdt.G/2006/PA.TA))
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (14MB) | Preview
[img] Text (PUTUSAN HAKIM TENTANG PEMBATALAN NIKAH SALAH WALI DI PENGADILAN AGAMA TULUNGAGUNG TAHUN 2006 (STUDI PUTUSAN No. 461 Pdt.G/2006/PA.TA))
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (11MB)

Abstract

Menurut hukum Islam, akad pernikahan adalah suatu perbuatan hukum yang sangat penting dan menngandung akibat-akibat serta konsekuensi-konsekuensinya. Oleh karena itu, dalam pelaksanaan akad pernikahan yang tidak sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan oleh syariat Islam adalah adalah perbuatan yang sia-sia, bahkan dipandang sebagai perbuatan yang melanggar hukum wajib dicegah oleh siapapun yang mengetahuinya, atau dengan cara pembatalan apabila pernikahan itu telah dilaksanakan. Seperti perkara yang terjadi di Pengadilan Agama Tulungagung, dimana pembatalan ini terjadi karena kesalahan yang sangat fatal akibat salah wali, schingga pemikahan tersebut tidak memenuhi rukun dan syarat suatu akad pemikahan. Perkara pembatalan nikah yang terjadi di Pengadilan Agama Tulungagung merupakan sebuah fenomena yang menarik untuk diteliti. Hal tersebut memberikan kesempatan kepada penyusun untuk lebih lanjut dan melacak sebab terjadinya salah wali di Pengadilan Agama Tulungagung dan bagaimana pertimbangan dan dasar hukumnya ketika Majlis Hakim memutuskan perkara tersebut. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan normatif- yuridis, pendekatan normatif adalah pendekatan yang berdasarkan pada teks ayat al-Qur'an, hadis, dan kaidah usu! fiqh serta pcndapat ulama yang berkaitan dengan masalah tersebut. Pendekatan yurudis adalah pendekatan yang berdasarkan pada tata aturan perundang-undangan yang bcrlaku di Indonesia, khususnya yang berkaitan dengan pembatalan nikah dan wali. Adapun hasil penelitian bahwa perkara salah wali merupakan salah satu yang dapat dijadikan alasan pembatalan nikah, dimana perkara salah wali ini terjadi karena ketidaktahuan atau keawaman masyarakat Tulungagung tentang hukum Islam sehingga dalam pelaksanaan akad nikah belum mcmenuhi rukun dan syarat suatu pemikahan sehingga pihak Pengadilan Agama Tulungagung bisa memutuskan perkara tersebut berdasarkan bukti-bukti yang ada

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: PROF. DR. KHOIRUDDIN NASUTION, MA.
Subjects: Al-Ahwal Asy-Syakhsiyyah
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Al-Ahwal Asy-Syakhsiyyah (S1)
Depositing User: Edi Prasetya [edi_hoki]
Date Deposited: 27 Oct 2015 10:34
Last Modified: 27 Oct 2015 10:34
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/18045

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum