PROBLEMATIKA IMPLEMENTASI KURIKULUM BERBASIS KOMPETENSI PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS X DI SMA NEGERI I SEWON BANTUL YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2005/2006 (Telaah atas metode pembelajaran)

MALICHAH, NIM.02471068-01 (2006) PROBLEMATIKA IMPLEMENTASI KURIKULUM BERBASIS KOMPETENSI PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS X DI SMA NEGERI I SEWON BANTUL YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2005/2006 (Telaah atas metode pembelajaran). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Malichah. Problematika implementasi kurikulum berbasis kompetensi pada pembelajaran pendidikan agama Islam kelas X SMA Negeri 1 Sewon Bantul Yogyakarta tahun ajaran 2005/2006 (telaah atas metode pembelajaran). Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan tentang problematika atau masalah-masalah yang dihadapi dalam pelaksanaan kurikulum berbasis kompetensi yang merupakan kurikulum baru pada pembelajaran pendidikan agama Islam kelas X di SMA Negeri I Sewon Bantul Yogyakarta terutama pemilihan dan penggunaan metode pembelajaran pada tahun ajaran 2005/2006. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X yang berjumlah 7 kelas dengan 270 siswa. Perolehan hasil penelitian ini melalui metode wawancara, observas1 dan dokumentasi, data mengenai pemilihan dan penggunaan metode pembelajaran pada saat pembelajaran pendidikan agama Islam kelas X di SMA Negeri I Sewon Bantul Yogyakarta adalah guru menerapkan beberapa metode pembelajaran sebagai sarana atau alat untuk menyampaikan materi pelajaran kepada peserta didik dengan tujuan untuk mempermudah pencapaian kompetensi peserta didik. Adaptm metode-metode pembelajaran yang diterapkan saat pembelajaran pendidikan agama Islam adalah metode ceramah, diskusi, tanya jawab, demonstrasi, latihan, dan pemberian tugas. Dan setiap pemilihan dan penggunaan metode-metode di atas guru banyak dipengarui oleh beberapa faktor yaitu faktor tujuan, karakteristik siswa, situasi dan kondisi, serta sarana dan prasarana Hasil analisis menunjukkan bahwa : 1) Berdasarkan teori pada kurikulum berbasis kompetensi metode yang sesuai dengan konsep teori tersebut adalah metode-metode yang mampu meningkatkan kemandirian, kreatifitas serta mempermudah pencapaian kompetensi peserta didik. Melihat dari basil data diatas, bahwa metode tersebut belum sesuai dengan konsep KBK., dimana dalam pelaksanaan metode tersebut peran guru masih banyak dibandingkan dengan kemandirian peserta didik. Peserta didik masih mengandalkan guru sehingga pelaksanaan metode kurang efektif. Hal ini merupakan suatu probematika yang perlu diperhatikan sehingga peserta didik dapat menyesuaikan dengan kurikulum baru. 2) Adapun faktor-kaktor yang menjadi pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan metode-metode di atas adalah tersedianya fasilitas yang memadai sebagai penunjang pelaksanaan metode yang merupakan faktor pendukung. sedang faktor pengbambat adalah lebih banyak berasal dari peserta didik sendiri, hal ini dapat dimaklumi karena peserta didik sendiri masih terbiasa dengan sistem pembelajaran lama yang mengandalkan peran guru.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs.H. Hamruni, M.Si.
Uncontrolled Keywords: kompetensi pada pembelajaran, pendidikan agama islam
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User: Miftakhul Yazid Fuadi [staff it]
Date Deposited: 02 Nov 2015 15:28
Last Modified: 02 Nov 2015 15:28
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/18055

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum