HUBUNGAN RASIO-RASIO KEUANGAN DENGAN JUMLAH DANA PIHAK KETIGA (STUDI PADA PT. BANK MUAMALAT INDONESIA, TBK. TAHUN 2002-2006)

CHOIRUDIN, NIM. 01390826 (2007) HUBUNGAN RASIO-RASIO KEUANGAN DENGAN JUMLAH DANA PIHAK KETIGA (STUDI PADA PT. BANK MUAMALAT INDONESIA, TBK. TAHUN 2002-2006). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (HUBUNGAN RASIO-RASIO KEUANGAN DENGAN JUMLAH DANA PIHAK KETIGA (STUDI PADA PT. BANK MUAMALAT INDONESIA, TBK. TAHUN 2002-2006)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (18MB) | Preview
[img] Text (HUBUNGAN RASIO-RASIO KEUANGAN DENGAN JUMLAH DANA PIHAK KETIGA (STUDI PADA PT. BANK MUAMALAT INDONESIA, TBK. TAHUN 2002-2006)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (24MB)

Abstract

Maraknya persaingan dalam merebut hati nasabah (dana pihak ketiga) oleh bank konvensional maupun bank yang beroperasi dengan prinsip syari'ah menjadikan sebuah bank harus berkinerja bagus dan sehat serta dapat menunjukkan keunggulannya masing-masing. Bagi nasabah, salah satu hal yang menjadi pertimbangan dalam memilih bank adalah memperhatikan tingkat keamanan dananya. Dengan menganalisa laporan keuangan bank yang tercerrnin dari rasio-rasio keuangan yang dipublikasikan baik melalui media massa maupun internet nasabah dapat menentukan apakah dananya aman untuk dapat disimpan dalam bentuk tabungan, deposito maupun giro pada bank yang dipercayanya disamping mempunyai nilai tambah atau keuntungan. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dan bersifat asosiatif Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui apakah ada hubungan rasio-rasio keuangan berupa CAR, BDR, ROA dan LOR dengan jumlah dana pihak ketiga (DPK) pada PT. Bank Muamalat Indonesia, Tbk pada tahun 2002-2006. Data yang digunakan adalah data sekunder yaitu data yang berasal dari laporan keuangan publikasi bulanan PT. Bank Muamalat Indonesia, Tbk dalam bentuk neraca, laporan laba/rugi, kualitas aktiva produktif, perhitungan kewajiban penyediaan modal minimum (KPMM) selama • 4,5 tahun peri ode Januari 2002 sampai dengan Juni 2006. Data kemudian diolah dengan analisis koreJasi pearson product moment dengan bantuan paket SPSS I 2. 0 for Windows. Hasil olah data dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penclitian ini adalah rasio CAR berkorelasi positif dan signifikan dengan jumlah dana pihak ketiga (DPK) dengan nilai korelasi 0,364 dan probabilitas signifikansi 0,007 ( < 0,05) serta nilai koefisien determinasi 0, 132; rasio BDR berkorelasi negatif tetapi signifikan dengan jumlah dana pihak ketiga (DPK) dengan nilai korelasi -0,742 dan probabilitas signifikansi 0,000 (< 0,05) serta nilai koefisien determinasi 0,550; rasio ROA berkorelasi positif dan signifikan dengan jumlah dana pihak ketiga (DPK) dengan nilai korelasi 0,438 dan nilai probabilitas signifikansi 0,001 (< 0,05) serta nilai koefisien deterrninasi 0, 191; rasio LOR berkorelasi positif tetapi tidak signifikan dengan jumlah dana pihak ketiga (DPK) dengan nilai korelasi 0,136 dan nilai probabilitas signifikansi 0,325 (> 0,05) serta nilai koefisien deterrninasi 0,01 84. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa rasio-rasio keuangan berupa CAR, BDR dan ROA (kecuali LDR) dapat menjadi pertimbangan nasabah untuk menyimpan dananya pada sebuah bank yang menunjukkan kinerja yang bagus dan sehat sehingga nasabah merasakan aman disamping mendapat nilai tambahlkeuntungan dari simpanannya terse but.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Sunarsih, SE., M.Si.
Uncontrolled Keywords: bank, muamalah,
Subjects: Muamalat
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Muamalah (S1)
Depositing User / Editor: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 03 Nov 2015 02:29
Last Modified: 03 Nov 2015 02:29
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/18059

Actions (login required)

View Item View Item