UPAYA GURU DALAM MEMBENTUK KEMANDIRIAN ANAK USIA DINI(Studi Kasus di Play Group 'Aisyiyah Nur'aini Yogyakarta)

RAHMAH EL YUNUSIYAH, NIM.02471021 (2007) UPAYA GURU DALAM MEMBENTUK KEMANDIRIAN ANAK USIA DINI(Studi Kasus di Play Group 'Aisyiyah Nur'aini Yogyakarta). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (14MB) | Preview
[img] Text
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (18MB)

Abstract

RAHMAH EL YUNUSIYAH. Upaya Guru dalam Membentuk Kemandirian Anak Usia Dini (Studi Kasus Di Play Group 'Aisyiyah Nur'aini). Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga, 2007. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap tentang bagaimana upaya guru di play group ' Aisyiyah Nur'aini dalam membentuk kemandirian anak usia dini, selain itu juga untuk mengungkap permasalahan apa saja yang dihadapi guru dalam membentuk kemandirian anak usia dini tersebut. Dengan hasil penelitian ini diharap akan menjadi solusi bagi orang tua dan guru dalam membentuk kemandirian anak, serta mengatasi berbagai permasalahannya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil lokasi di play group Aisyiyah Nur'aini Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan (observasi), wawancara, dokumentasi dan angket. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, dan dari makna tersebut ditarik sebuah kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan: ( l) Upaya guru dalam membentuk kemandirian anak dapat tercermin dari proses awal dalam pelaksanaan pendidikan, yaitu melalui rancangan materi dan metode yang didasari kreatifitas guru sehingga dapat melatih anak untuk mengetahui berbagai kebutuhan, tugas dan kewajibannya. Selain itu guru juga memberikan contoh perilaku mandiri dalam keseharian, memberikan arahan, latihan dan bimbingan kepada anak, bekerja sama antar sesama guru serta selalu berkomunikasi dengan orang tua. (2) Permasalahan yang dihadapi guru dalam membentuk kemandirian anak dipengaruhi oleh beberapa hal, diantaranya; faktor orang tua yang cenderung over protective dan belum percaya terhadap guru serta kemampuan yang dimiliki oleh anak. Faktor intern anak yang tertutup kadang juga menjadi penghambat bagi guru, faktor lingkungan dan media televisi juga mempunyai pengaruh yang tidak kecil bagi pembentukan kemandirian anak, dan terakhir adalah faktor guru yang tidak dapat melakukan kontrol yang baik ketika anak sudah berada di lingkungan luar sekolah

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dra. Siti Johariyah, M.Pd
Uncontrolled Keywords: guru, anak usia dini
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User: Miftakhul Yazid Fuadi [staff it]
Date Deposited: 03 Nov 2015 10:01
Last Modified: 03 Nov 2015 10:01
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/18062

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum