KEMAMPUAN RASIO OPERATING PROFIT TO PROFIT BEFORE TAX (OPPBT), SALES TO TOTAL ASSETS (STA), INVENTORY TO WORKING CAPITAL (IWC), DAN RASIO NET WORTH TO SALES (NWS) DALAM MEMPREDIKSI LABA MASA YANG AKAN DATANG PADA PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI JAKARTA ISLAMIC INDEX

DESIANARAHMAWATI, NIM. 02391426 (2007) KEMAMPUAN RASIO OPERATING PROFIT TO PROFIT BEFORE TAX (OPPBT), SALES TO TOTAL ASSETS (STA), INVENTORY TO WORKING CAPITAL (IWC), DAN RASIO NET WORTH TO SALES (NWS) DALAM MEMPREDIKSI LABA MASA YANG AKAN DATANG PADA PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI JAKARTA ISLAMIC INDEX. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KEMAMPUAN RASIO OPERATING PROFIT TO PROFIT BEFORE TAX (OPPBT), SALES TO TOTAL ASSETS (STA), INVENTORY TO WORKING CAPITAL (IWC), DAN RASIO NET WORTH TO SALES (NWS) DALAM MEMPREDIKSI LABA MASA YANG AKAN DATANG PADA PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI JAKARTA ISLAM)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (KEMAMPUAN RASIO OPERATING PROFIT TO PROFIT BEFORE TAX (OPPBT), SALES TO TOTAL ASSETS (STA), INVENTORY TO WORKING CAPITAL (IWC), DAN RASIO NET WORTH TO SALES (NWS) DALAM MEMPREDIKSI LABA MASA YANG AKAN DATANG PADA PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI JAKARTA ISLAM)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (2MB)

Abstract

Seperangkat laporan keuangan dalam bentuk laporan neraca, laporan rugi laba, laporan perubahan modal dan laporan arus kas belum dapat memberikan manfaat yang maksimal bagi penggunanya, sebelum menganalisis lebih lanjut dalam bentuk analisis laporan keuangan. Analisis laporan keuangan dengan rasio keuangan adalah salah satu cara pemrosesan dan menginterprestasikan informasi akuntansi, yang dinyatakan untuk menjelaskan hubungan tertentu antara angka yang satu dengan angka yang lain dari suatu laporan keuangan. Analisis kelemahan dan kekuatan dibidang fmansial akan sangat membantu dalam menilai prestasi manajemen masa lalu dan prospek laba masa yang akan datang. Bisnis dilakukan dengan peranan untuk mencapai laba (memperluas kesejahteraan sosial) sebagai alat untuk mencapai tujuan bukan "akhir suatu tujuan." Dengan demikian akuntansi memberikan inforrnasi yang potensial berguna untuk membuat keputusan ekonomi dan jika itu diberikan akan memberikan perluac;an kesejahteraan so sial. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji kemampuan rasio operating profit to profit before tax (OPPBT), sales to total asset (STA), inventory to working capital (IWC) dan not worth to sales (NWS) dalam memprediksi laba masa yang akan datang. Penggunaan rasio-rasio ini dimaksudkan untuk menguji kembali apakah hasil studi yang terdahulu hasilnya konsisten atau tidak, jika digunakan untuk memprediksi laba masa yang akan datang pada perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index. Jenis penelitian yang dilakukan merupakan penelitian terapan yang dilakukan dengan tujuan menerapkan, menguji dan mengevaluasi kemampuan suatu teori yang diterapkan dalam memecahkan masalah-masalah praktis. Jenis data berdasarkan dimensi waktunya dalam penelitian ini adalah data pooling, hal ini dikarenakan terbatasnya jumlah perusahaan yang konsisten terdaftar di Jakarta Islamic Index. Metode pengambilan sampel adalah purposive sampling. Data yang digunakan adalah laporan keuangan perusahaan yang terdaftar di Jakarta islamic Index selama tahun 2001- 2005 dengan tahun buku akhir 31 Desember. Hasil uji statistik regression analysis menunjukkan bahwa empat rasio keuangan rasio operating profit to profit before tax (OPPBT), sales to total asset (ST A), inventory to working capital (IWC) dan net worth to sales (NWS) terbukti secara parsial dan secara simultan mempunyai kemampuan jika digunakan sebagai prediktor laba masa yang akan datang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Sunarsih, S.E., M.Si.
Uncontrolled Keywords: operating profit to profit before tax , rasio net worth to sales
Subjects: Muamalat
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Muamalah (S1)
Depositing User / Editor: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 03 Nov 2015 03:52
Last Modified: 03 Nov 2015 03:52
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/18072

Actions (login required)

View Item View Item