IMPLIKASI TEORETIS DAN PRAKTIS PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DENGAN KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (KTSP) Dl MAN YOGYAKARTA I

LAILIYATUS SA 'DIYAH, NIM: 03420301 (2007) IMPLIKASI TEORETIS DAN PRAKTIS PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DENGAN KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (KTSP) Dl MAN YOGYAKARTA I. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLIKASI TEORETIS DAN PRAKTIS PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DENGAN KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (KTSP) Dl MAN YOGYAKARTA I)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (12MB) | Preview
[img] Text (IMPLIKASI TEORETIS DAN PRAKTIS PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DENGAN KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (KTSP) Dl MAN YOGYAKARTA I)
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana praktis pembelajaran bahasa Arab berdasarkan teori tentang KTSP di MAN Yogyakarta I, serta apa saja yang menjadi kelebiban dan kekurangan KTSP terhadap pembelajaran bahasa Arab di MAN Yogyakarta I. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bertujuan untuk memahami fenomena sosia1 melalui gambaran holistik dan memperbanyak pemahaman yang mendalam, sehingga untuk membentuk pemahaman tersebut dibutuhkan adanya kesesuaian antara teori dan praktik. Penelitian ini apabila dilihat berdasarkan tempat merupakan penelitian lapangan (field research). Sumber data pada penelitian ini adalab Kepala Madrasah, Waka Kurikulum guru bahasa Arab dan siswa kelas X MAU, XI IPA, XI IPS dan XI Bahasa. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dokumentasi dan angket Analisis data menggunakan metode deduktif dan induktif Hasil penelitian menunjukkan : I) Praktik pembelajaran bahasa Arab berdasarkan toori tentang KTSP di MAN Yogyakarta I terdapat kesesuian yang cukup positif, hal ini dapat dibuktikan adanya kompetensi guru ketika melaksanakan beberapa komponen yang hams diterapkan da1am pembelajaran bahasa Arab berdasarkan teori KTSP. Komponen-komponen tersebut diantaranya adalah perencanaan, pelaksanaan serta penilaian pembelajaran. Bukti kompetensi tersebut tidak hanya dinilai oleh peneliti, namun juga dibuktikan oleh siswa melalui jawaban - jawaban dari angket. Dengan demikian obyektivitas mengenai profesionalisme guru babasa Arab MAN Yogyakarta I telah terwujud, hal inilah yang menjadi cita-cita diberlakukannya KTSP. 2) Kelebihan dan kekurangan KTSP terhadap pembelajaran bahasa Arab dj MAN Yogyakarta 1: kelebibannya adalah dengan adanya KTSP guru dan siswa dituntut sama-sama aktif. KTSP juga dianggap meringankan beban guru, KTSP mampu mengangkat potensi lokal. Kekurangannya adalah masih berlakukannya UAS sebagai penilaian yang sangat menentuk:an serta sangat mengikat, selain itu kekurangannya adalab masih adanya sekat-sekat atau syarat·syarat yang kadang masih sangat membatasi misalnya penentuan materi pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: DR. H. A. Janan Asifuddin, MA
Uncontrolled Keywords: teoritis, praktek, bahasa arab, KTSP
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 03 Nov 2015 11:21
Last Modified: 03 Nov 2015 11:21
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/18075

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum