TEORI PENDIDIKAN PAULO FREIRE DAN MUHAMMAD ABDUH (STUDI KOMPARATIF KONSIENTISASI DAN MODERNISASI PENDIDIKAN)

SUYADI, NIM: 03470569 (2007) TEORI PENDIDIKAN PAULO FREIRE DAN MUHAMMAD ABDUH (STUDI KOMPARATIF KONSIENTISASI DAN MODERNISASI PENDIDIKAN). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB)

Abstract

Penelitiaan ini dilatarbelakangi oleh kegelisahan intelektualitas, dimana teori-teori yang diajarkan dalam dunia Pendidikan Islam terasa gersang dari nuansa modernitas. Berangkat dari kegelisahan tersebut penelitian literer ini akan mengkomparasikan teori pendidikan Paulo Freire dan Muhammad Abduh yang akan memberi angin segar bagi intelektualitas Pendidikan Islam. Dari kedua teori pendidikan terebut, penelitian ini memfokuskan perhatiannya pada konsientisasi (contiencizacao), yang diaanggap mewakili teori pendidikan Paulo Freire dan modemiasi pendidikan yang dianggap mewakili teori pendidikan Muhammad Abduh. Untuk mengetahui poin-poin utama mengenai konsientisasi dan modemisasi pendidikan, digunakan pendekatan diskriptif Sedangkan untuk mengetahui komparasi kedua teori tersebut, tarutama persamaan serta perbedaan keduannya, digunakan pendekatan teoritis-filosofois. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan dan menganalisis kedua teori pendidikan di atas, yang kemudian diharapkan mampu melahirkan gagasan baru (sintesa) yang bersifat teoritis yang dapat memperkaya khasanah teoritis pendidikan Islam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat persamaan dan perbedaan serta keunggulan dan kelemahan konsientisasi Paulo Freire dan modernisai pendidikan Muhammad Abduh. Persamaan yang dapat ditemukan adalah pandangannya mengenai humanisasi. Sedangkan perbedaan kedua teori tersebut akan Iebih jelas jika diamati dari aspek landasan dasar dan proses keduanya. Dari aspek landasan dasar konsientisasi Freire berlandaskan pada realitas, sedangkan modernisasi pendidikan Abduh berlandaskan pada agama Islam sebagai Hukum tertinggi. Sedangkan jika ditinjau dari aspek prosesnya, konsientisasi sangat kental dengan dialektika sedangkan modemisasi pendidikan bertumpu pada keseimbangan rasionalitas dan religiusitas. Keunggulan konsientisasi yang bisa ditangkap adalah tumbuhnya kesadaran kritis dalam mencapai humanisasi. Adapun keunggulan modernisasi pendidikan yaitu terwujudnya pendidikan yang holistik-interkonektif. Sedangkan kelemahan konsientisasi freire terletak pada orientasi antroposentris yang berlebihan, dan kelemahan modernisasi pendidikan terletak pada timbulnya reaksi ulama Muslim yang tekstual-literal. Kemudian dari telaah komparatif persamaan dan perbedaan tersebut peneliti menemukan pandangan baru, yang dalam ha1 ini peneliti sebut sebagai "kritis religius", sebuah sintesis konsientisasi dan modemisasi pendidikan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Abd. Rachman Assegaf
Uncontrolled Keywords: teori pendidikan, paulo freire, muhammad abduh
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User: Miftakhul Yazid Fuadi [staff it]
Date Deposited: 04 Nov 2015 08:30
Last Modified: 04 Nov 2015 08:30
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/18082

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum