PERAN BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MEMBINA PERILAKU KEDISIPLINAN SISWA DI SMP MUHAMMADIYAH 8 YOGYAKARTA

WAHYUNINGSIH, NIM 03470553 (2007) PERAN BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MEMBINA PERILAKU KEDISIPLINAN SISWA DI SMP MUHAMMADIYAH 8 YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (17MB) | Preview
[img] Text
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (12MB)

Abstract

Wahyuningsih. Peran Bimhingan don Konseling dalam Membina perilaku. Kedisiplinan Siswa, Skripsi. Yogyakarta: Fakulltas Tarbiyah, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, 2007. Pendidikan sebagai upaya membudayakan manusia muda dengan tujuan tercapainya perilaku manusia yang didasari atau dijiwai oleh iman dan takwa. Untuk dapat melaksanakan upaya tersebut maka Bimbingan dan Konseling telah menjadi salah satu layanan pendidikan yang sangat diperlukan di sekolah sekolah. Hal ini disebabakan pelaksanaan bimbingan dan Konseling dapat membantu siswa dalam rangka menemukan jati dirinya, mengenal lingkungan, merencanakan masa depan, serta dapat memecahkan masalah-masalah yang dihadapinya. Semua ini tidak terlepas dari sikap disiplin yang melekat pada jiwa siswa. Berpijak dari statement diatas, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya-upaya Bimbingan dan Konseling dalam membina perilaku kedisiplinan siswa, serta untuk mengetahui bentuk-bentuk bimbingan perilaku kedisiplinan bagi siswa di SMP Muhammadiyah 8 Yogyakarta. Sehingga subyek penelitiannya yaitu guru Bimbingan dan Konseling sebagai subyek utama atau subyek primer, sedangkan subyek pendukung yaitu kepala sekolah, para guru, para karyawan, dan siswa-siswa SMP Muhanunadiah 8 Yogyakrata. Metodenya yaitu observasi, interview atau wawancara, dan dokumentasi, kemudian menganalisis dari data data yang ada. Hasil penenelitian ini yaitu adanya upaya-upaya Bimbingan dan Konseling dalam membina perilaku kedisiplinan siswa di SMP Muhammadiyah 8 Yogyakarta diantaranya dengan mengawasi siswa pada saat di kelas maupun diluar ke1as, menangani pelanggaran-pelanggaran siswa, melakukan pendampingan-pendampingan, mengadakan konferensi kasus dan home visit, kerjasama dengan semua pihak di sekolah, serta membuat slogan-slogan yang memotivasi siswa untuk disiplin. Kemudian bentuk-bentuk Bimbingan perilaku kedisiplinan bagi siswa di SMP Muhammadiyah 8 Yogyakarta, yaitu bimbingan pribadi, bimbingan kelompok, bimbingan belajar, dan bimbingan karir. Dengan demikian semoga hasil penelitiau dalam skripsi ini bisa memberi kontribusi positif bagi semua pibak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Dra. Siti Johariyah,M.pd
Uncontrolled Keywords: PERAN BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MEMBINA PERILAKU KEDISIPLINAN SISWA
Subjects: Pendidikan Kimia
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User / Editor: Miftakhul Yazid Fuadi, SIP.
Date Deposited: 04 Nov 2015 08:57
Last Modified: 04 Nov 2015 08:57
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/18086

Actions (login required)

View Item View Item