HAK ANAK MEMPEROLEH PENDIDIKAN PERSPEKTIF ISLAM

AKHMAD THONTHOWI, NIM. 01470906 (2007) HAK ANAK MEMPEROLEH PENDIDIKAN PERSPEKTIF ISLAM. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (HAK ANAK MEMPEROLEH PENDIDIKAN PERSPEKTIF ISLAM)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (11MB) | Preview
[img] Text (HAK ANAK MEMPEROLEH PENDIDIKAN PERSPEKTIF ISLAM)
BAB II,III,IV.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (10MB)

Abstract

AKHMAD THONTHOWI. Hak: Memperoleh Pendidikan bagi Anak dalam Keluarga Perspektif Islam. Skripsi . Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah UlN Sunan Kalijaga, 2007. Anak adalah amanat dari Allah yang harus dijaga, anak merupakan karunia yang sangat bernilai bagi keluarga tanpa anak. Untuk itu anak harus mendapatkan pendidikan yang Jayak:, sebab pendidikan merupakan salah satu hak asasi manusia yang amat fundamental. Melalui pendidikan anak: dibentuk menjadi manusia seutuhnya serta dengan pendidikan tentu akan tahu harga dirinya, tahu akan lebih tinggi dan dapat mempertinggi harga dirinya Hak pendidikan adalah harapan bagi anak-anak, masa depan bangsa,dan bahkan hak uni versa! seluruh umat manusia. Anak-anak dilahirkan dengan_ hak hidup dan seiring itu memiliki pula hak memperoleh pendidikan. Dalam proses perkembangannya anak dapat memperoleh pendidikan sejak masih dalam kandungan, didalam kandungan atau janin sudah ada kehidupan. Walaupun belum keluar ia berhak mendapat pendidikan sesua.i dengan taraf penerimaannya sampai anak tersebut mencapai baligh atau masa akhir anak anak (12 tahun). Islam melalui ayat Al-Quran dan had~st telah menyebutkan bahwa sejak lahir anak telah dibekali oleh Allah dengan adanya fitrah. Maka dengan fitrah inilah keluarga untuk menanamkan pendidikan keagamaan terhadap anakanaknya melalui didikan dan asuhan yang berdasarkan nilai-nilai Islam. Pendidikan anak harus didapatkan sesua.i dengan kapasitas sebagai anak. Dalam Islam anak dijunjung tinggi untuk mendapatkan pendidikan tanpa terkecuali baik perempuan maupun laki-laki semua mendapat pendidikan yang layak tanpa pandang bulu. Penel itian ini bertujuan: 1) untuk mengetahui lebih jelas mengenai pandangan Islam terhadap hak anak memperoleh pendidikan dalam keluarga 2) untuk mengetahui secara jelas hak apa saja yang diperoleh anak dalam pendidikan. 3) serta baga.imana peran orang tua yang nota bene sebagai pendidik pertama Dalam penelitian ini penulis memakai jenis penelitian kepustakaan (library research) yang menjadi bahan pustaka sebagai bahan utama.dibedakan menjadi sumber data primer dan sumber data sekunder. Yang pertama merupakan sumber data utama yang menjadi acuan pokok dari pembahasan, sedangkan untuk sumber data kedua adalah data-data atau dokumen penunjang dari data primer yang diperoleh. Sedangkan dalam tehnik analisis data menggunakan diskriptif analitis. Tehnik analisis data dilakukan dengan menentukan, menafsirkan serta mengklarifikasi dan membandingkan fenomena-fenomena yang dianalisis dari pemikiran-pemikiran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Kependidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 04 Nov 2015 08:54
Last Modified: 04 Nov 2015 08:54
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/18087

Actions (login required)

View Item View Item