UPAYA GURU DALAM MENGEMBANGKAN KREATIVITAS ANAK USIA DINI DI TK LT/PLAY GROUP PESANTREN ANAK INTERNASIONAL GENIUS KIDS KRAPYAK SEWON BANTUL

AMINAH, NIM. 02471213 (2007) UPAYA GURU DALAM MENGEMBANGKAN KREATIVITAS ANAK USIA DINI DI TK LT/PLAY GROUP PESANTREN ANAK INTERNASIONAL GENIUS KIDS KRAPYAK SEWON BANTUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (UPAYA GURU DALAM MENGEMBANGKAN KREATIVITAS ANAK USIA DINI DI TK LT/PLAY GROUP PESANTREN ANAK INTERNASIONAL GENIUS KIDS KRAPYAK SEWON BANTUL)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (13MB) | Preview
[img] Text (UPAYA GURU DALAM MENGEMBANGKAN KREATIVITAS ANAK USIA DINI DI TK LT/PLAY GROUP PESANTREN ANAK INTERNASIONAL GENIUS KIDS KRAPYAK SEWON BANTUL)
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (11MB)

Abstract

AMlNAH, Upaya Guru dalarn Mengembangkan Kreativitas Anak Usia Dini di TK IT!Play Group Pesantren Anak lntemasional Genius Kids, skripsi. Yogyakarta: Jurusan Kependidikan Islam Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2007. Bertujuan untuk mencoba menelusuri upaya guru dalam mengembangkan kreativitas anak usia dini khususnya di TK IT/Play Group Pesantren Anak Internasional Genius Kids, serta untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mendukung dan menghambat guru dalam mengembangkan kreativitas anak usia dini di TK IT/Play Group Pesantren 1\nak Intemasional Genius Kids. Pcnelitian ini merupakan pcnclitian lapangan yang bersifat deskriptif analitik dengan mengambil obyek penelitian TK IT/P lay Group Pesantren Anak lnternasional Genius Kids. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, interview bebas tcrpimpin, serta dokumentasi. Analisa data dilakukan dengan menggunakan jenis analisis data kualitatif, mcngingat data-data yang dibutuhkan berupa kata-kata tcrtulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang diamati. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa ( 1) Upaya guru dalam mengembangkan kreativitas anak usia dini di TK IT/Play Group Pcsantren Anak lnternasional Genius Kids mcmpunyai Jangkah-langkah pembelajaran yang cukup variatif, yaitu terlihat dengan banyaknya materi-matcri kegialan pengajaran yang berbeda-beda scpcrti materi pcngajaran agama, matcri pengajaran umum sampai materi pengajaran kemahiran hidup. Selain adanya materi-materi pengajaran yang dilakukan di dalam kclas, ada juga aktivitas-aktivitas pembelajaran yang menarik yang sebagian besar dilaksnnakan di luar ruangan. Dalam penyarnpaian materi tersebut guru menyajikannya dengan cara bermain yang menyenangkan dan mengasyikkan dengan tujuan agar anak tidak jenub dengan materi-matcri pelajaran tersebut. Dalam hal ini guru bertugas sebagai kreator, motivator, serta fasihtator dalam proses pembelajarannya untuk mengembangkan kreativitas anak didiknya. (2) Dalam menjalankan tugasnya, seorang guru mempunyai faktor-faktor yang mendukung dan faktor-faktor yang menghambat. Dalam hal ini yang menjadi pendukung guru dalam upaya mengcmbangkan kreativitas anak usia dini adalah dari sifat anak usia dini itu seperti karena keunikannya, daya imajinasinya yang tinggi, rasa ingin tahu yang bcsar dan juga scnang melakukan eksperimen. Sedangkan yang menjadi penghambat guru dalam upaya mengembangkan kreativitas anak usia dini yaitu karena Jatar bclakang keluarga yang berbeda-beda yang menyebabkan anak tnempunyai pribadi yang berbcda-beda, sehingga guru merasa kesulitan dalam melaksanakan tugasnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dra. Sili Johariyah, M.Pd
Subjects: Kependidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 04 Nov 2015 09:08
Last Modified: 04 Nov 2015 09:08
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/18088

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum