PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN ANGGOTA DALAM MENGGUNAKAN PROD UK T ABUNGAN WADI'AH BMT DANA SYARI'AH GIWANGAN

FAQIH MASYHAD, NIM. 00390364 (2007) PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN ANGGOTA DALAM MENGGUNAKAN PROD UK T ABUNGAN WADI'AH BMT DANA SYARI'AH GIWANGAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN ANGGOTA DALAM MENGGUNAKAN PROD UK T ABUNGAN WADI'AH BMT DANA SYARI'AH GIWANGAN)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN ANGGOTA DALAM MENGGUNAKAN PROD UK T ABUNGAN WADI'AH BMT DANA SYARI'AH GIWANGAN)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Pemasaran merupakan salah satu kegiatan yang terpenting dari suatu kegiatan usaha, baik perusahmm manufaktur maupun perusahaan jasa dalam hal ini BMT demi kelangsungan dan perkembangan suatu usuha tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh bauran pemasaran (marketing mix) yang terdiri empat variabel yaitu: produk, harga, tempat, dan promosi terhadap keputusan anggota dalam menggunakan produk wadi'ah pada BMT Dana Syari'ah Giwangan. Pada awal periode berdirinya bulan Juli 2005, BMT ini mampu menyedot anggota sebanyak 505 pedagang di pasar Giwangan. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan. Adapun sifat penelitian ini adalah asosiatif analitik. Populasi penelitian ini adalah anggota BMT Dana Syari'ah yang menggunakan tabungan wadi'ah pada tahun 2005. Untuk sampel peneliti mengambil 30 responden dari 151 anggota yang masih aktif. Dari hasil penelitian ini diperoleh angka ( R2 ) sehesar 0,815. Hal ini berarti sekitar 81,5 % keputusan nasabah dipengaruhi oleh produk, harga, tempat,dan promosi. Sedangkan 18,5% dipengaruhi oleh faktor lain di luar variabel tersebut. Dari uji ANOVA atau F Test, didapat F hitung sebesar 27, 520, dengan tingkat signifikansi 0,000. Karena tingkat signifikansi sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05 maka model regresi dapat dipakai untuk memprediksi variabel keputusan anggota. Kesimpulan dari penelitian in adalah bahwa produk, harga, tempat, dan promosi berpengaruh terhadap keputusan anggota dalam menggunakan produk wadi'ah BMT Dana Syari'ah Giwangan, baik secara parsial atau serentak. Hasil uji t didapat t-hitung variabel produk sebesar 2,873, dengan tingkat signifikansi sebesar 0,008 untuk variabel harga sebesar 2,286 dengan tingkat signifikansi 0,031, variabel tempat sebesar 2,439, dengan tingkat signifikansi 0,022, variabel sebesar 2,552, dengan tingkat signifikansi 0,01 7. Karena t-hitung masing-masing variabel tersebut lobih besar dari t tabel maka variabel produk, harga, tempat, serta promosi secara parsial berpengaruh terhadap keputusan anggota dalam menggunakan produk tabungan wadi'ah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: H. Syafiq Mahmadah Hanafi, S.Ag., M.Ag.,
Uncontrolled Keywords: tabungan wadi'ah, BMT dana syari'ah
Subjects: Keuangan Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Keuangan Islam (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 04 Nov 2015 09:52
Last Modified: 04 Nov 2015 09:52
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/18097

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum