UPAYA PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR IPA PADA MATERI POKOK PERTUMBUHAN DAN PERUBAHAN MAKHLUK HIDUP DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR PADA ANAK TUNAGRAHITA MAMPU DIDIK KELAS D5 SLB-C PEMBINA YOGYAKARTA

FIRMANTI, NIM. 02451095 (2007) UPAYA PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR IPA PADA MATERI POKOK PERTUMBUHAN DAN PERUBAHAN MAKHLUK HIDUP DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR PADA ANAK TUNAGRAHITA MAMPU DIDIK KELAS D5 SLB-C PEMBINA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (UPAYA PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR IPA PADA MATERI POKOK PERTUMBUHAN DAN PERUBAHAN MAKHLUK HIDUP DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR PADA ANAK TUNAGRAHITA MAMPU DIDIK KELAS D5 SLB-C PEMBINA YOGYAKARTA)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (16MB) | Preview
[img] Text (UPAYA PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR IPA PADA MATERI POKOK PERTUMBUHAN DAN PERUBAHAN MAKHLUK HIDUP DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR PADA ANAK TUNAGRAHITA MAMPU DIDIK KELAS D5 SLB-C PEMBINA YOGYAKARTA)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (15MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar IP A dan partisipasi anak tunagrahita mampu didik selama proses pembelajaran dengan menggunakan media gambar. Anak tunagrahita mampu didik adalah anak tunagrahita yang memiliki IQ yang berkisar antara 50-70, mereka masih dapat belajar membaca, menulis dan berhitung sederhana dengan bimbingan dan pendidikan yang baik. Anak tunagrahita mampu didik memerlukan media sebagai perantara untuk mempelajari suatu konsep IP A. Penggunaan media gambar dalam pembelajaran IP A tentang pertumbuhan dan perubahan makhluk hidup berperan untuk menjembatani dari dunia nyata ke dunia simbol. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan subjek siswa kelas 05 SLB C Pembina Yogyakarta. Jumlah siswa kelas D5 (setara dengan SD kelas 5) sebanyak 7 siswa. Penelitian ini dilaJ...'Ukan dalam dua siklus tindakan. Siklus I membahas tentang perturnbuhan dan perubahan pada hewan,dan pada siklus II membahas tentang pertumbuhan pada turnbuhan. Data kondisi siswa dalam penelitian ini diperoleh dari hasil wawancara dengan guru dan observasi, sedangkan data peningkatan prestasi belajar IP A tentang pertumbuhan dan perubahan makhluk hidup diperoleh melalui penilaian hasil belajar IP A dari nilai tes sebelum materi diberikan (pre-test) dan nilai tes setelah materi diberikan (posttest). Data basil belajar IPA dan penilaian partisipasi siswa selama proses pembelajaran IP A dianalisis dengan analisis deskriptif dan menghitung persentase peningkatan nilai setiap siklus tindakan. Hasil penelitian menuttjukkan bahwa penggunaan media gambar dalam pembelajaran IP A anak tunagrahita mampu didik dapat meningkatkan basil belajar IP A dan meningkatkan pa1tisipasi siswa selama proses pembelajaran berlangsung. Hasil persentase peningkatan yang diperoleh pada tindakan ke II sebesar 125% untuk subjek l, 100% untuk subjek 2, 350% untuk subjek 3, 75% untuk subjek 4, 50% untuk subjek 5,60% untuk subjek 6 dan 60% untuk subjek 7, hal ini merupakan bukti peningkatan prestasi belajar ssiswa dalam pembelajaran IP A tentang konsep pertumhuhan dan perubahan makhluk hidup dengan menggunakan media gambar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Subagya, M.Si
Uncontrolled Keywords: tunagrahita, media gambar, prestasi belajar
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Edi Prasetya [edi_hoki]
Date Deposited: 04 Nov 2015 11:34
Last Modified: 04 Nov 2015 11:34
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/18104

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum