PERBEDAAN STRATEGI PENYELESAIAN KREDIT ATAU PEMBIAYAAN BERMASALAH PADA KSP DADI MAKMUR DAN KJKS BMT MITRA USAHA INSANI

IMSYAHATUR ROSIDAH, NIM. 01390844 (2007) PERBEDAAN STRATEGI PENYELESAIAN KREDIT ATAU PEMBIAYAAN BERMASALAH PADA KSP DADI MAKMUR DAN KJKS BMT MITRA USAHA INSANI. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERBEDAAN STRATEGI PENYELESAIAN KREDIT ATAU PEMBIAYAAN BERMASALAH PADA KSP DADI MAKMUR DAN KJKS BMT MITRA USAHA INSANI)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (19MB) | Preview
[img] Text (PERBEDAAN STRATEGI PENYELESAIAN KREDIT ATAU PEMBIAYAAN BERMASALAH PADA KSP DADI MAKMUR DAN KJKS BMT MITRA USAHA INSANI)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (22MB)

Abstract

Kebijakan penyelesaian kredit atau pembiayaan bermasalah akan berpengaruh pada keberhasilan penyelesaian permasalahan kredit atau pembiayaan. Tujuan dari kebijakan ini adalah penarikan kembali dana pada debitur yang bermasalah. Keter1ambatan pembayaran hutang akan berakibat pada jumlah likuiditas keuangan koperasi. Dampak jelas dari keterlambatan pembayaran adalah besarnya jumlah persentase kredit atau pembiayaan bermasalah pada setiap bulannya. Baik itu penurunan maupun peningkatan jumlah. Besarnya persentase kredit atau pembiayaan bermasalah akan berdampak pada tingkat kepercayaan anggota yang menitipkan dananya ke koperasi. Konsep lembaga keuangan pada dewasa ini telah mencakup• dua sistem yaitu konvensional dan syari'ah. Dari teori yang berbeda maka akan berpengaruh pada kebijakan-kebijakan yang akan diambil. Masalah yang hendak dicari jawabannya dalam penelitian ini adalah apakah ada perbedaan strategi penyelesaian kredit atau pernbiayaan bermasalah antara lembaga keuangan konvensional dan lembaga keuangan syari'ah. Kredit atau pembiayaan bermasalah secara umum dapat dikelompokkan menjadi tiga kategori yaitu kredit kurang lancar, kredit yang diragukan dan kredit macet. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi penyelesaian kredit atau pembiayaan bermasa1ah pada KSP. Dadi Makmur yang beroperasi secara konvensional dengan KJKS BMT Mitra Usaha lnsani yang beroperasi secara syari'ah. Penelitian ini temasuk penelitian lapangan, dengan menggunakan sumber data primer dan sekunder yang dikumpulkan melalui angket wawancara dan dokumentasi. Pemilihan sampel ini menggunakan metode purposive sampling. Dalam menganalisis data dilakukan secara kuantitatif dengan statistik inferensi dua sampel tidak berhubungan (independent sample t-test) yang akan diperkuat dan diperjelas dengan pernbahasan dari analisis kuantitatif hasil penelitian berkesimpulan bahwa berdasarkan analisis kuantitatif yang dilakukan, strategi penyelesaian kredit atau pembiayaan bermasalah pada kedua lembaga tersebut berbeda. Hal ini dilihat dari hasil uji t yaitu – 10,296< - 2,000 (t tabe1) dengan tingkat signifikasi 0,011 (<0,05). Hal ini menunjukkan adanya perbedaan strategi penyelesaian kredit atau pembiayaan bermasalah antara KSP Dadi Makmur dengan KJKS BMT Mitra Usaha lnsani.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Sunarsih, S.E., M.Si.
Uncontrolled Keywords: kredit bermasalah, ksp dadi makmur,bmt mitra usaha insani
Subjects: Keuangan Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Keuangan Islam (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 04 Nov 2015 13:59
Last Modified: 04 Nov 2015 13:59
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/18111

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum