METODE TAFSIR AL QUR'AN UNTUK ANAK-ANAK KARYA AFIF MUHAMMAD DAN RELEVANSINYA DENGAN METODE PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

ALVI SYUKRIYAH, 00410391 (2006) METODE TAFSIR AL QUR'AN UNTUK ANAK-ANAK KARYA AFIF MUHAMMAD DAN RELEVANSINYA DENGAN METODE PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (METODE TAFSIR AL QUR'AN UNTUK ANAK-ANAK KARYA AFIF MUHAMMAD DAN RELEVANSINYA DENGAN METODE PENDIDIKAN AGAMA ISLAM)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (METODE TAFSIR AL QUR'AN UNTUK ANAK-ANAK KARYA AFIF MUHAMMAD DAN RELEVANSINYA DENGAN METODE PENDIDIKAN AGAMA ISLAM)
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (4MB)

Abstract

AL VI SYUKRIY AH. Metode Tafsir Al-Qur'an untuk Anak-anak Karya Afif Muhammad dan Relevansinya dengan Metode Pendidikan Agama Islam. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga, 2006. Penelitian ini mencoba menelaah metode tafsir yang terdapat dalam buku Tafsir Al-Qur'an Untuk Anak-anak karya Afif Muhammad yang bertujuan untuk mencari relevansinya dengan metode P AI. Penelitian ini termasuk dalam kategori library-research. Metode yang ditempuh adalah metode deskriptif dengan pola pembahasan deskriptif-analitik dan interpretasi. Adapun pendekatan yang digunakan adalah pendekatan tekstual dan sosio-historis. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik penelusuran teks, sedangkan untuk menganalisanya digunakan contentanalysis, sumber data dalam penelitian ini adalah buku Tafsir Al-Qur'an Untuk Anak-anak dan sumber sekundemya adalah berbagai karya tulis ilmiah yang terkait dengan permasalahan yang dibahas dan dipandang cukup otoritatif. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Metode-metode tafsir al-Qur'an yang ada dalam buku Tafsir Al-Qur 'an untuk Anak-anak karya Afif Muhammad secara implisit adalah: pertama, metode tafsir ijmali (pembahasan secara global danjelas); kedua, metode kisah dalam al-Qur'an; ketiga, metode gambar visual berupa komik sebagai media untuk menggambarkan kisah-kisah al-Qur'an; keempat, metode bahasa dialogis. Adapun metode yang digunakan Afif Muhammad dalam menyampaikan satu atau beberapa surah ke dalam satu jilid menggunakan metode tematik, yakni Afif Muhammad mengklasiftkasikan dua atau lebih surah ke dalam satu jilid berdasarkan logis-tematis bukan berdasarkan kronologi surah per-surah. (2) Sementara itu, relevansi metode Tafsir Al-Qur'an untuk Anak-anak karya AfifMuhamrnad dengan metode PAl dapat disimpulkan sebagai berikut: pertama, metode ijmali dan bahasa dialogis dapat menjadi solusi untuk memperkaya metode tulisan dan dialog dalam PAl. Metode tulisan dengan bahasa yang dialogis sebaiknya dilakukan oleh pendidik secara ijmali yakni secara ringkas tetapi mencakup, dengan bahasa tutur yang mudah dipahami dan enak dibaca, sehingga metode tulisan dan dialog dalam P AI akan lebih praktis, mudah dipahami dan akrab bagi anak didik. Kedua, metode komik dalam Tafsir al-Qur 'an untuk Anak-anak memiliki relevansi dan dapat dijadikan nilai tam bah untuk memperkaya wawasan metode P AI berupa metode kisah dalam al-Qur'an dan metode indirect (al-thariqah ghairu almubasyarah). Penyampaian kisah-kisah dengan gambar rea/is, kartun dan komik disamping dapat mengasah kecerdasan visual atau spasial anak juga membantu menguatkan kesan anak terhadap materi. Dengan demikian media gambar rea/is, kartun dan komik sebagaimana yang telah digunakan Afif Muhamad dalam karya tafsimya sudah selayaknya di gunakan pula oleh para pendidik dalam proses belajar mengajar. Ketiga, metode bahasa dialogis dapat dijadikan solusi untuk memperbaiki metode ceramah dalam P AI. Dengan metode ceramah-dialogis akan tercipta hubungan timbal balik yang dinamis dan efektif antara pendidik dengan anak didik dalam proses belajar mengajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Mahmud Arif, S.Ag., M.Ag,
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 06 Nov 2015 11:18
Last Modified: 06 Nov 2015 11:18
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/18130

Actions (login required)

View Item View Item