PENDIDIKAN NILAI PADA KEPEMIMPINAN KHALIFAH UMAR BIN ABDUL AZIZ (STUDI ANALISIS METODE PENDIDIKAN ISLAM)

LULUK JUNAIDI KHOIRUL HUDA, NIM. 00470374 (2007) PENDIDIKAN NILAI PADA KEPEMIMPINAN KHALIFAH UMAR BIN ABDUL AZIZ (STUDI ANALISIS METODE PENDIDIKAN ISLAM). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENDIDIKAN NILAI PADA KEPEMIMPINAN KHALIFAH UMAR BIN ABDUL AZIZ (STUDI ANALISIS METODE PENDIDIKAN ISLAM))
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENDIDIKAN NILAI PADA KEPEMIMPINAN KHALIFAH UMAR BIN ABDUL AZIZ (STUDI ANALISIS METODE PENDIDIKAN ISLAM))
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (11MB)

Abstract

LULUK JUNAID! KHOIRUL HUDA. Pendidikan Nilai Pada Kepemimpinan Khalifah Umar bin Abdul Aziz (Studi Analisis Metode Pendidikan Islam). Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga, 2007. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis tentang nilai-nilai Islam yang terkandung dalam kepemimpinan khalifah Umar bin Abdul Aziz, implementasi metode pendidikan Islam yang dipergunakan khalifah tersebut dalam membumikan nilai-nilai, interrelasi • antara metode pendidikan Islam yang dipergunakan khalifah tersebut dengan unsur-unsur pembelajaran lain yang ada dalam kepemimpinannya serta relevansi metode pendidikan nilai yang dipergunakan khalifah tersebut dengan metode pendidikan nilai dalam al-Qur'an. Penelitian ini merupakan studi tokoh yang termasuk dalam penelitian kualitatif dengan mengambil Umar bin Abdul Aziz atau Umar II sebagai sumber kajian setelah dilihat relevansinya dengan bidang keilmuan yang sedang diteliti yaitu tentang pendidikan nilai. Pengumpulan data dilakukan dengan dokumentasi. Analisa data dilakukan dengan metode content analysis dan deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan: Upaya pendidikan nilai yang dilakukan Umar II meliputi 1. Pendidikan nilai keimanan yang meliputi nilai tawakal. Pada nilai ini upaya pendidikan yang dilakukan adalah menggunakan metode keteladanan( bi alqudwah ash-shalihah) dan mengambil pelajaran( bi-al- 'ibrah). Kemudian pada nilai takwa, menggunakan metode perkataan yang jelas( bi kalam ash-sharih), nasihat( bi al-mau 'idhah), keteladanan( bi al-qudwah ash-sha/ihah) dan peringatan( bi attarhib). Sedangkan pada nilai amar ma 'ruf nahi mungkar, menggunakan metode keteladanan( bi al-qudwah ash-shalihah), memperhatikan kesiapan dan tabiat anak didik( bimura 'ah a/-isti 'dad wa ath-thabi 'i), pembiasaan, peringatan( bi at-tarhib) dan nasihat( bi al-mau 'idhah). 2. Pendidikan nilai sosial yang menggunakan metode keteladanan( bi al-qudwah ash-sha/ihah) dan perkataan yang jelas( bi kalam ashsharih). 3. Pendidikan nilai akhlak, khususnya pada nilai akhlak dalam pengertian umum menggunakan metode nasihat( bi al-mau 'idhah). Kemudian masih dalam lingkup akhlak yaitu nilai kesederhanaan menggunakan metode keteladanan( bi alqudwah ash-sha/ihah) dan perkataan yang jelas( bi kalam ash-sharillj, sedangkan pada nilai toleransi menggunakan metode keteladanan ( bi al-qudwah ash-shalihah), perkataan yang jelas( bi ka/am ash-sharih) dan nasihat( bi al-mau 'idhah). Dan yang terakhir pada nilai kejujuran menggunakan metode peringatan( bi at-tarhib). 4. Pendidikan nilai syari'at antara lain meliputi nilai keadilan, menggunakan metode nasihat( bi al-mau 'idhah), perkataan yang jelas( bi kalam ash-sharih) dan keteladanan( bi a/-qudwah ash-sha/ihah). Kemudian pada nilai pensucian harta menggunakan metode keteladanan( bi al-qudwah ash-shalihah) dan pada masalah jizyah menggunakan metode peringatan( bi-al- 'ibrah). 5. Pada nilai akal kecerdasan menggunakan metode perkataan yangjelas( bi kalam ash-sharih) dan keteladanan( bi Cll-qudwah ash-shalihah). Hasil analisis selanjutnya menyatakan bahwa metode yang dipergunakan Umar II terdapat interrelasi dengan unsur-unsur pembelajaran lain yang terdapat dalam kepemimpinannya Terakhir, terungkap relevansi antara metode pendidikan nilai dari Umar II dengan metode pendidikan nilai dalam al-Qur'an. Sehingga dikatakan bahwa Omar II menggunakan metode pendidikan al-Qur'an.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dra. Siti Johariyah, M.Pd
Subjects: Kependidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 16 Nov 2015 10:56
Last Modified: 16 Nov 2015 10:56
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/18133

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum