STUDI PEMBELAJARAN MUHADATSAH KELAS I MADRASAH TSANAWIYAH PUTRI PONDOK PESANTREN MASKUMAMBANG DUKUN GRESIK

SILFIYAH DLONI, NIM. 02421263 (2007) STUDI PEMBELAJARAN MUHADATSAH KELAS I MADRASAH TSANAWIYAH PUTRI PONDOK PESANTREN MASKUMAMBANG DUKUN GRESIK. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (STUDI PEMBELAJARAN MUHADATSAH KELAS I MADRASAH TSANAWIYAH PUTRI PONDOK PESANTREN MASKUMAMBANG DUKUN GRESIK)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (STUDI PEMBELAJARAN MUHADATSAH KELAS I MADRASAH TSANAWIYAH PUTRI PONDOK PESANTREN MASKUMAMBANG DUKUN GRESIK)
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

SILFIY AH DLONI. Studi Pembelajaran Muhadatsah Kelas I Madrasah Tsanawiyah Putri Pondok Pesantren Maskumambang Dukun Gresik. Skripsi. Y ogyakarta: Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga, 2006. • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses pembelajaran Muhadatsah kelas I MTs Pondok Pesantren Maskumambang, dan kesulitan (problem) apa yang dialami serta solusi apa yang diberikan guru. Penelitian ini merupakam penelitian kualitatif yang apabila dilihat berdasarkan tempat merupakan penelitian lapangan. Sumber data pada penelitian ini adalah siswa kelas I MTs putri, guru muhadatsah, dan kepala sekolah. Untuk pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan angket. Analisisdata dalam penelitian ini menggunakan metode deduktif dan induktif Penentuan sumber data dalam penelitian ini dilakukan secara populasi yaitu : siswa kelas I MTs Putri Maskumambang tahun pelajaran 2006 I 2001 sebanyak 53 siswa. Pengambilan populasi dilakukan secara menyeluruh karena objeknya kurang dari 100 sebagaimana ditentukan oleh Suharsimi Arikunto. Untuk pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, interview, dokumentasi dan angket. Analisis data dalm penelitian ini menggunakan analisis data kualitatif dan kuantitatif, adapun rumus kuantitatif yang digunakan adalah rumus Distribusi Presentase (% ). Hasil penelitian yang penulis lakukan menunjukan bahwa : 1) Proses pembelajaran Muhadatsah Kelas I MTs putri Pondok Pesantren Maskumambang kurang baik, karena guru kurang dalam menggunakan bahasa Arab dalam proses pembelajarannya, padahal dalam belajar mengajar muhadatsah itu harus ada sebuah kebiasaan untuk menggunakan bahasa tersebut. Sedangkan untuk metode yang dipakai kurang pas. Di sana guru lebih menggunakan metode qiro'ah, taijamah, dan Tanya jawab, padahal dalam pembelajaran muhadatsah itu harus digunakan metode langsung, agar siswa terbiasa dengan bahasa tersebut. 2) Kesulitan yang dihadapi guru adalah berasal dari kemampuan siswa dan input sebagian siswa yang berasal dari sekolah dasar. Solusi yang diberikan guru sudah cukup baik, yaitu dengan cara menggelompokkan siswa yang -kurang mampu dan memberi pelajaran tambahan di luar jam pelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. H. Muallif Syahlani, M.Pd
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 16 Nov 2015 11:49
Last Modified: 16 Nov 2015 11:49
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/18136

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum