APLIKASI TRIGONOMETRI DALAM PENENTUAN AWAL WAKTU SHALAT SEBAGAI UPAYA PENGEMBANGAN MATERI PENDIDIKAN MATEMATIKA

RAKHMAT JUNAEDI, NIM 99434591 (2007) APLIKASI TRIGONOMETRI DALAM PENENTUAN AWAL WAKTU SHALAT SEBAGAI UPAYA PENGEMBANGAN MATERI PENDIDIKAN MATEMATIKA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (3MB)

Abstract

Waktu-waktu pelaksanaan shalat telah diisyaratkan oleh Allah SWT dalam ayat-ayat al-Qur'an, yang kemudian dijelaskan oleh Nabi saw dengan amal perbuatannya sebagaimana hadis-hadis yang ada. Hanya saja waktu waktu shalat yang ditunjukkan oleh al-Qur'an maupun hadis Nabi hanya berupa fenomena alam.,yang akan sangat sulit tentunya untuk menentukan. awal waktu shalat yang tepat jika tidak menggunakan ilmu falak, yang di dalamnya mengandung banyak teori terutama dari bidang astronomi, geometri dan trigonometri. Karena. obyek dalam penentuan waktu shalat adalah posisi matahari dari suatu tempat atau bidang di bumi, maka dari itu untuk menentukan kedudukan matahari tersebut banyak sekali menggunakan rumus-rumus trigonometri terutama trigonometri segitiga bola dimana kedudukan bumi adalah sebagai pusat bola. Terkait dengan hal tersebut muncul persoalan yaitu, Bagaimana penentuan awal waktu shalat dengan menggunakan aplikasi rumus-rumus trigonometri terkait upaya pengembangan materi pendidikan matematika. Adapun penelitian ini adalah penelitian yang bersifat library research. Pengumpulan data yang berkaitan dengan masalah penelitian dilakukan dengan penelusuran dan telaah literatur dan bahan-bahan pustaka yang dijadikan swnber acuan. Swnber primer dan sumber sekunder dalam penelitian ini adalah buku-buku yang terkait ilmu falak dan tentang trigonometri bola. Teknik analisis data yang dilakukan adalah deskriptif analisis yaitu menguraikan rumus-rumus tentang trigonometri serta aplikasinya dalam penentuan awal waktu shalat. Di samping itu juga akan mencoba melihat relevansinya terkait pengembangan materi pendidikan matematika. Dari penelitian tersebut ditemukan bahwa teori-teori trigonometri sangat memegang peranan penting dalam penentuan awal waktu shalat. Sehingga materi pendidikan matematika tentang teori-teori trigonometri terutama trigonornetri bola sangat menunjang dalarn pengembangan kajian ilmu-ilmu lain diantaranya ilmu falak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Drs, Sugiyono,M.pd
Uncontrolled Keywords: APLIKASI TRIGONOMETRI DALAM PENENTUAN AWAL WAKTU SHALAT SEBAGAI UPAYA PENGEMBANGAN MATERI PENDIDIKAN MATEMATIKA
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User / Editor: Miftakhul Yazid Fuadi, SIP.
Date Deposited: 06 Nov 2015 07:53
Last Modified: 06 Nov 2015 07:53
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/18138

Actions (login required)

View Item View Item