PENERAPAN METODE ROLE PLAYING DALAM MENGEMBANGKAN KECERDASAN MORAL ANAK USIA DINI

NURUL FAJRI, NIM. 02411120 (2007) PENERAPAN METODE ROLE PLAYING DALAM MENGEMBANGKAN KECERDASAN MORAL ANAK USIA DINI. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENERAPAN METODE ROLE PLAYING DALAM MENGEMBANGKAN KECERDASAN MORAL ANAK USIA DINI)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (22MB) | Preview
[img] Text (PENERAPAN METODE ROLE PLAYING DALAM MENGEMBANGKAN KECERDASAN MORAL ANAK USIA DINI)
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (11MB)

Abstract

Penerapan Metodc Role Playing dalam Mengembangkan Kecerdasan Moral Anak Usia Dini (Studi Kasus di Kelompok Bermain Al-Azhar Yogyakarta). Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga, 2007. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis secara k:ritis tentang penerapan metode Role Playing dalam mengcmbangkan Kccerdasan Moral Anak Usia Dini di Kelompok Bermain Al-Azhar Yogyakarta serta hasil yang dicapai dalam proses penerapan metode Role Playing terhadap perkembangan moral anak di Kelompok Bermain Al-Azhar Yogyakarta. Hasil penelitian ini diharapkan akan dapat dipergunakan untuk menyempurnakan penerapan metode Role Playing dalam rnengembangkan kecerdasan moral anak di Kelompok Bermain Al-Azhar Y ogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Penelitian ini mengambil latar di Kelornpok Bermain Al-Azhar Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan, wawancara, dan dokurnentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang telah berhasil dikumpulkan, dan dari makna itulah ditarik kesimpulan. Analisa data yang digunakan bersifat kualitatif. Analisa tersebut terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan: 1 ). Metode Role Playing merupakan salah satu metode yang digunakan oleh guru Kelompok Berrnain Al-Azhar Yogyakarta dalam pembelajaran dengan cara siswa mendramatisasikan sebuah cerita dengan cara memerankan tokoh yang ada dalam cerita. Adapun langkah-langkah penerapan metode Role Playing Di Kelompok Al-Azhar Yogyakarta adalah: a). Penjelasan alur cerita oleh guru secara singkat dan jelas. b). Pembagian tokoh yang akan diperankan siswa, c). Pelaksanaan Role Playing. Dalam pelaksanaannya guru berperan secara aktif untuk memberikan motivasi dan arahan-arahan sehingga proses pembelajaran dcngan menggunakan metode Role Playing meojadi lebih menyenangkan.d). Evaluasi, yang dilaksanakan dengan cara pengamatan langsung dan tanya jawab. 2). Basil yang dicapai dalam pencrapan metode Role Playing terhadap perkembangan kecerdasan moral baik dari segi kognitif, afektif dan psikomotorik dinilai sudah memuaskan. Hal ini bisa dilihat dari hasil evaluasi yang dilakukan oleh pihak Kelompok Bermain Al-Azhar Y ogyak.arta. Evaluasi dilaksanakan melalui pengamatan sehari-hari atau observasi secara terus menerus, tanya-jawab setelah pelaksanaan Role Playing, dan juga melalui tes perbuatan. Kemudian hasil dari evaluasi tersebut dicatat dalam laporan perkembangan atau daftar penilaian kemampuan anak yang berupa porlofolio, progress reporl dan raport. Selain itu basil perkembangan moral anak dapat dilihat dari laporan perkembangan dari orang tua siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Suwadi, M.Ag.,
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 06 Nov 2015 14:52
Last Modified: 06 Nov 2015 14:52
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/18140

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum