NILAI-NILAI PENDIDIKAN AKHLAK DALAM BUKU "HIKAJAT PRANG SABI MENDJIW AI PERANG ATJEH LAWAN BELANDA" KARYA TEUNGKU TJHIK PANTE KULU

NURUL ISRA SAFWAN, NIM. 03410029 (2007) NILAI-NILAI PENDIDIKAN AKHLAK DALAM BUKU "HIKAJAT PRANG SABI MENDJIW AI PERANG ATJEH LAWAN BELANDA" KARYA TEUNGKU TJHIK PANTE KULU. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (NILAI-NILAI PENDIDIKAN AKHLAK DALAM BUKU "HIKAJAT PRANG SABI MENDJIW AI PERANG ATJEH LAWAN BELANDA" KARYA TEUNGKU TJHIK PANTE KULU)
BAB I, IV DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (17MB) | Preview
[img] Text (NILAI-NILAI PENDIDIKAN AKHLAK DALAM BUKU "HIKAJAT PRANG SABI MENDJIW AI PERANG ATJEH LAWAN BELANDA" KARYA TEUNGKU TJHIK PANTE KULU)
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (18MB)

Abstract

Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak dalam Buku "Hikajat Prang Sabi Mendjiwai Perang Atjeh Lawan Belanda" Karya Teungku Tjhik Pante Kulu. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga, 2007. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan dan menganalisis secara kritis tentang nilai-nilai pendidikan Akhlak dalam Kisah Sa'id Salmy Hikajat Prang Sabi Karya Teungku Tjhik Pante Kulu dan urgensinya dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAl). Hasil penelitian ini diharapkan dapat mcmberikan kontribusi dalam pengcmbangan pendidikan Agama Islam khususnya bidang akhlak dalam bentuk sastra hikayat dan dapat dijadikan sebagai sumber altematif bagi pendidik untuk menanamkan nilai-nilai pendidikan akhlak kepada peserta didik. Penelitian ini rncrupakan penelitian kepustakaan (library researh). Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kritik pragrnatik (pragmatis criticism). Pengumpulan data dilakukan dengan cara dokumentasi dengan menggunakan data primer teks dari Hikajat Prang Sabi karya Teungku Tjhik Pante Kulu yang diambil dari buku Hikajal Prang Sabi Mendjiwai Perang Atjeh Lawan Belanda, yang disusun oleh A Hasjmy dan diterbitkan oleh Pustaka Faraby Banda Aceh, 31 Maret 1971. AnaJisis data dilakukan dengan memberikan perhatian pada isi pesan (analisys content) yang terdapat dalan1 Kisah Sa'id Salmy Hikajat Prang Sabi. Hasil penelitian menunjukkan: ( 1) Nilai-nilai pendidikan akhlak yang tcrdapat dalam Kisah Sa'id Salmy Hikajat Prang Sabi meliputi, pertama, akhlak tcrhadap diri sendiri, yaitu penerimaan diri tcrhadap kckurangan dan kelebihan yang dimiliki serta keyakinan diri akan potensi yang dimiliki untuk berbuat lebih baik. Kedua, akhlak terhadap Allah swt yang meliputi taqwa, ikhlas, khauf(takut), raja ' (harap), tawakkal dan taubah. Ketiga, akhlak terhadap Rasulullah saw yaitu kewajiban untuk menaati dan mematuhi scgala perintahnya, dan keempat, akhlak terhadap sesama manusia yang meliputi sabar, santun, lemah lembut, murah hati (dermawan), berani, pemaaf dan termasuk di dalamnya adab bertamu dan menerima tamu. (2) Adapun mengenai urgensi nilai-nilai pendidikan akhlak dalam Kisah Sa' id Salmy Hikajat Prang Sabi dalam Pembelajaran P AI bahwa nilai-nilai pendidikan akhlak yang terdapat dalan1 Kisah Sa'id Salmy Hikajat Prang Sabi sangat ideal untuk digunakan dalam pembelajaran PAl, termasuk didalamnya tujuan, pendidik, materi, mctode dan strategi pendidikan Agama Islam. Hal ini dikarenakan penekanan terpenting dari ajaran Islam pada dasamya adalah hubungan antar scsan1a manusia yang sarat dengan nilai-nilai yang berkaitan dengan akhlak mulia. Hal ini sesuai dengan tujuan pendidikan agama Islam secara umum yang harus mengacu pada penanaman nilai-nilai akhlak mulia yang akan membuahkan kebaikan di dunia dan di akhirat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Sangkot Sirait, M.Ag
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 06 Nov 2015 15:13
Last Modified: 06 Nov 2015 15:13
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/18142

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum