IMPLEMENTASI KITAB AL- ARABIYYA HL IN-NASYPIN DALAM PEMBELAJARAN INSYA' DI PONDOK PESANTREN AR-RAUQATUL 'ILMIYYAH KERTOSONO NGANJUK

DEWI MUSTIKA RAHMA, NIM. 02421432 (2007) IMPLEMENTASI KITAB AL- ARABIYYA HL IN-NASYPIN DALAM PEMBELAJARAN INSYA' DI PONDOK PESANTREN AR-RAUQATUL 'ILMIYYAH KERTOSONO NGANJUK. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI KITAB AL- ARABIYYA HL IN-NASYPIN DALAM PEMBELAJARAN INSYA' DI PONDOK PESANTREN AR-RAUQATUL 'ILMIYYAH KERTOSONO NGANJUK)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI KITAB AL- ARABIYYA HL IN-NASYPIN DALAM PEMBELAJARAN INSYA' DI PONDOK PESANTREN AR-RAUQATUL 'ILMIYYAH KERTOSONO NGANJUK)
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

DEWI MUSTIKA RAHMA. Implementasi Kitab AI- 'Arabiyyah linNasyi'lil dalam Pembelajaran Insya' di Pondok Pesantren Ar-Raud;ml 'Dmiyyah Kertosono Nganjuk:). Skripsi. Yogyak:arta: Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga, 2006. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsep penyusunan materi yang ada dalam kitab A1- 'Arabiyyah lin-Nasyi,m serta implementasinya dalam pembelajaran insya di Pondok Pesantren Ar-Raud;ml 'Ilmiyyah Kertosono Nganjuk. Penelitian ini merupak:an penelitian lapangan (field research) yang bersifat kualitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh santri putri yang terdaftar sebagai siswa kelas XI aliyah Pondok Pesantren Ar-Raud;ml '1/miyyah. Pengumpulan data dilak:uk:an dengan mengadak:an observalri, interview, dokumentasi dan tes. Penulis juga menggunakan teknik trianggu/asi, trianggulasi yang digunak:an dalam penelitian ini adalah metode ganda dan sumber ganda. Dalam menganalisis data yang diperoleh, penulis menggunak:an analisis data kualitatif, kuantitatif dan analisis isi untuk mentelaah kitab Al- 'Arabiyyah lin-Nasyi'm. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Konsep materi yang terdapat dalam kitab A1- 'Arabiyyah lin-Nasyi'in jika ditinjau dari prosedur penyusunan materinya sudah memenuhi kriteria seleksi, gradasi, presentasi dan repetisi. Namun pada proses gradasinya ada pembahasan tentang ringkasan kaidah nahwu yang seharusnya diletakkan dalam satu tempat, melainkan diletakkan dalam tempat yang berbeda. Dan materi kitab tersebut sudah relevan dengan materi insya', di mana hal itu terlihat pada bentuk: latihan-latihan yang mengarah pada keterampilan insya'. 2) Proses pembelajaran insya' di Pondok Pesantren ArRaud_ I6Ul 'Ilmiyyah Kertosono Nganjuk belum menggunakan kitab Al- 'Arabiyyah lin-Nasyi'in secara mak:simal, karena terbatasnya waktu yang ada, padahal kitab tersebut membutuhkan wak:tu yang banyak:. Guru bidang study bahasa Arab juga tidak pemah menggunakan media, melainkan media yang sudah selazimnya ada dalam proses pembelajaran. 3) Hasil pembelajaran insya' di Pondok Pesantren ArRaud; Dl 'Dmiyyah Kertosono Nganjuk dengan menggunakan kitab Al' Arabiyyah lin-NasyF[n kelas XI aliyah berdasarkan dari nilai tes memperoleh rata-rata 60,008, jika dijadikan huruf mendapat angka C ( cukup ). Hal ini membuk:tikan bahwa kemahiran insya' santri Pendok Pesantren Ar-Raud_ah a/' Rmiyyah masih minim.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 06 Nov 2015 16:22
Last Modified: 06 Nov 2015 16:22
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/18144

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum