PERAN BELAJAR DI PESANTREN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS VIII MTSN KEMBANGSAWIT MADIUN (TAHUN 2006-2007)

FAUZAN ALI MUSTHOFA, NIM. 03420267 (2007) PERAN BELAJAR DI PESANTREN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS VIII MTSN KEMBANGSAWIT MADIUN (TAHUN 2006-2007). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERAN BELAJAR DI PESANTREN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS VIII MTSN KEMBANGSAWIT MADIUN (TAHUN 2006-2007))
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (18MB) | Preview
[img] Text (PERAN BELAJAR DI PESANTREN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS VIII MTSN KEMBANGSAWIT MADIUN (TAHUN 2006-2007))
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (11MB)

Abstract

Fauzan Ali Musthofa. Peran Lingkungan Pesantren Terhadap Motivasi Belajar Bahasa Arab Siswa MTsN Kembangsawit Madiun. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah UIN Sunan kalijaga Yogyakarta, 2007. Penelitian ini bertuj uan untuk mengetahui bagaimana motivasi belajar bahasa Arab siswa dan peran lingkungan pesantren terhadap motivasi belajar bahasa Arab siswa MTsN Kembangsawit Madiun. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi informasi dan dapat meningkatkan motivasi belajar bahasa Arab siswa. Penelitian. ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil lokasi di MTsN Kembangsawit. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan analisis kualitatif dengan menggunakan pola fikir induktif. Hasil penelitian menunjukan: I). Motivasi bel ajar bahasa Arab siswa MTsN kembangsawit Madiun dalam kategori tinngi. Hal ini berdasarkan angket yang menunjukkan rata-rata 75% siswa termotivasi untuk belajar bahasa Arab dan basil interview dengan siswa yang menyatakan mereka tennotivasi untuk belajar bahasa Arab karena sistem pembelajarannya variatif, Kadang belajar di kelas dan laboratorium bahasa, sebaliknya mereka tidak termotivasi apabila pembelajaran monoton setiap kaJi pertemuan siswa hanya mengisi LKS. 2). Peran lingkungan pesantren (siswa yang belajar di pesantren atau santri mukim dan siswa yang tinggal di rumah dan belajar di pesantren atau santri kalong). Mereka sangat termotivasi untuk belajar bahasa Arab karena mereka di pesantren selalu belajar bahasa Arab kemudian di sekolah juga di ajarkah, hal ini sangat membantu dalan1 memahan1i pelajaran bahasa Arab baik di pesantrcn dan juga di Sekolah. Lingkungan pesantren bagi siswa MTsN Kembangsawit Madiun sebagai motivasi ekstemal untuk belajar bahasa Arab yang mana pada awalnya siswa kurang memahami pelajaran bahasa Arah bahkan sama sekali tidak mengetahui bahasa Arab setelah masuk dan belajar di pesantren mereka berangsur-angsur paham dan termotivasi untuk belajar bahasa Arab, dengan demikian lingkungan pesantren menjadi motivator bagi siswa MTsN Kembangsawit untuk belajar bahasa Arab, hal ini membuktikan dalam pembelajaran perlu motivasi instrinsik dan ekstrinsik, Apabila tidak bisa dengan motivasi instrinsik maka harus dengan motivasi ekstrinsik sebagaimana siswa MTsN Kembangsawit merasakan betapa pentingnya motivasi ekstrinsik dalam hal ini lingkungan pesantren.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Dr. Sembodo Ardi Widodo, M.Ag
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum [IT Staff] ---- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 06 Nov 2015 09:30
Last Modified: 06 Nov 2015 09:30
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/18146

Actions (login required)

View Item View Item