ANALISIS SYSTEMATIC RISK DAN EXPECTED RETURN SAHAM PERBANKAN DENGAN UNIT USAHA SYARIAH (UUS) DAN PERBANKAN TANPA UNIT USAHA SYARIAH (NON UUS) DL BURSA EFEK JAKARTA TAHUN 2004-2005

KHAIRUNASIR, NIM. 01390681 (2007) ANALISIS SYSTEMATIC RISK DAN EXPECTED RETURN SAHAM PERBANKAN DENGAN UNIT USAHA SYARIAH (UUS) DAN PERBANKAN TANPA UNIT USAHA SYARIAH (NON UUS) DL BURSA EFEK JAKARTA TAHUN 2004-2005. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS SYSTEMATIC RISK DAN EXPECTED RETURN SAHAM PERBANKAN DENGAN UNIT USAHA SYARIAH (UUS) DAN PERBANKAN TANPA UNIT USAHA SYARIAH (NON UUS) DL BURSA EFEK JAKARTA TAHUN 2004-2005)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (19MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS SYSTEMATIC RISK DAN EXPECTED RETURN SAHAM PERBANKAN DENGAN UNIT USAHA SYARIAH (UUS) DAN PERBANKAN TANPA UNIT USAHA SYARIAH (NON UUS) DL BURSA EFEK JAKARTA TAHUN 2004-2005)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (27MB)

Abstract

Perbankan Syariah saat ini telah berkembang pesat di Indonesia. Adanya unit-unit usaha syariah yang beroperasional pada beberapa Perbankan Nasional, turut memberikan dorongan tumbuh dan berkembangnya perbankan syariah. Adanya unit usaha syariah pada perbankan konvensional, tentunya memberikan andil pada minat investor untuk melakukan investasi pada saham perbankan yang memiliki unit usaha syariah di Pasar Modal. Namun, hal tersebut tidak terlepas dari risiko yang mengikuti keuntungan yang diharapkan pada suatu investasi. Systematic Risk sebagai risiko tidak dapat dihilangkan dalam suatu investasi saharn, membutuhkan perhatian khusus. Pemahaman terhadap risiko sistematis, akan memberikan peluang besar bagi investor melakukan investasi yang menguntungkan di Pasar Modal. Penelitian ini diarahkan untuk mengetahui secara deskriptif, dengan menganalisa hubungan yang terjadi antara systematic risk dengan expexted return, pada saham perbankan yang memiliki unit usaha syariah dan sabam perbankan tanpa Unit Usaha Syariah. Sehingga dapat diketahui ada atau tidaknya hubungan dan perbedaan systematic risk dan expexted return yang terkandung dalam saham, antara perbankan yang memiliki Unit Usaha Syariah dengan perbankan tanpa Unit Usaha Syariah. Hasil penelitian menyatakan bahwa, data termasuk data kecil (n<30) dan berdistribusi tidak normal, uji korelasi yang dilakukan dengan Uji Kendall tau, diperoleh niJai r 0.286, yang menyatakan adanya hubungan positif. Berdasarkan nilai sig. (2-tailed) 0.040 yang lebih kecil dari nilai level of significant (a) 0.05, maka diperoleh kesimpulan bahwa, terdapat hubungan positif yang signifikan antara Expected Return dengan Systematic Risk pada saham-saham perbankan. Pada Uji Perbandingan, digunakan alat uji Statistik Mann-Whitney. Hasil penelitian menyatakan bahwa tidak ada perbedaan pada Systematic Risk dan Expected Return antara Bank yang memiliki Unit Usaha Syariah dengan Bank tanpa Unit Usaha Syariah. Hal tersebut berdasarkan pada nilai Asimp. Sig (2- tailed) sebesar 0.317, dan nilai Exact. Sig [2*(1-tai/ed)] sebesar 0.338, kedua nilai tersebut lebih besar dari level of significant (a) 0.05. Demikian pula pada Systematic Risk, nilai Asimp. Sig (2-tailed) sebesar 0.085, dan nilai Exact. Sig [2*(1-tai/ed)} sebesar 0.090, nilai-nilai tersebut lebih besar dari level of significant (a) 0.05. Sehingga diperoleh kesimpulan akhir bahwa Systematic Risk dan Expected Return pada saham perbankan dengan Unit Usaha Syariah dan perbankan tanpa Unit Usaha Syariah tidak terdapat perbedaan yang signifikan. Hal tersebut dimungkinkan karena karakteristik saham-saham hampir sama, dan belum adanya pemisahan saham-saham perbankan syariah yang diperdagangkan di BEJ selama periode tahun 2004-2005.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Drs. Ibnu Qizam, S.E., Akt., M.Si.,
Uncontrolled Keywords: systematic risk dan expected return saham perbankan
Subjects: Muamalat
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Muamalah (S1)
Depositing User / Editor: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 09 Nov 2015 02:04
Last Modified: 09 Nov 2015 02:04
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/18150

Actions (login required)

View Item View Item