FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN BELI PRODUK PEMBIAYAAN PADA BAITUL MAAL WATTAMWIL (STUD I KASUS PADA BMT GHIFARI YOGYAKARTA)

MUHAMMAD DIKYAH SALABY MAARIF, NIM. 02391284 (2007) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN BELI PRODUK PEMBIAYAAN PADA BAITUL MAAL WATTAMWIL (STUD I KASUS PADA BMT GHIFARI YOGYAKARTA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN BELI PRODUK PEMBIAYAAN PADA BAITUL MAAL WATTAMWIL (STUD I KASUS PADA BMT GHIF ARI YOGY AKARTA))
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN BELI PRODUK PEMBIAYAAN PADA BAITUL MAAL WATTAMWIL (STUD I KASUS PADA BMT GHIF ARI YOGY AKARTA))
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (6MB)

Abstract

Skripsi ini meneliti pengaruh kebutuhan modal nasabah, sikap nasabah, dan kemudahan akses terhadap keputusan beli produk pembiayaan pada BMT. Objek yang diambil pada penelitian ini adalah nasabah pembiayaan BMT Ghifari Y ogyakarta. BMT Ghifari adalah Lembaga Keuangan Mikro Syariah yang berdiri di Yogyakarta sejak tahun 1994. Penelitian ini mengajukan beberapa hipotesis yang diambil dari teori-teori yang telah dikaji. Pertama, kebutuhan modal nasabah berpengaruh positif dan signiftkan terhadap keputusan beli produk pembiayaan pada BMT Ghifari Y ogyakarta. Kedua, sikap nasabah berpengaruh positif dan signiftkan terhadap keputusan beli produk pembiayaan pada BMT Ghifari Yogyakarta. Ketiga, kemudahan akses berpengaruh positif dan signiftkan terhadap keputusan beli produk pembiayaan pada BMT Ghifari Y ogyakarta. Keempat, kebutuhan modal nasabah, sikap nasabah, dan kemudahan akses berpengaruh positif dan signiftkan terhadap keputusan beli produk pembiayaan pada BMT Ghifari Yogyakarta. Total jumlah nasabah pembiayaan BMT Ghifari adalah 34 orang. Jenis pembiayaan yang dimanfaatkan oleh para nasabah ialah pembiayaan mudharabah, pembiayaan musyarakah, pembiayaan ijaroh, pembiayaan murabahah, dan pembiayaan bai' bithaman 'ajil. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampel jenuh,yaitu seluruh populaasi dalam objek penelitian dijadikan responden. Kemudian seluruh responden diteliti dengan cara mengisi kuisioner yang telah disediakan. Untuk mengetahui basil penelitian dari hipotesis yang telah diajukan, alat analisa yang digunakan adalah regresi betganda. Berdasarkanhasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kedua dari variabel independen yaitu faktor kebutuhan modal nasabah dan faktor sikap nasabah mernpunyai pengaruh yang signiftkan. Sedangkan faktor kemudahan akses tidak berpengaruh secara signiftkan. Secara bersama-sama seluruh variabel independen betpertgaruh secara signiftkan sebesar 63%, sedangkan sisanya 37% dipengaruhi oleh faktor lain.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Sunarsih, SE, M.Si.
Uncontrolled Keywords: bmt ghifari, baitul maal wattamwil
Subjects: Muamalat
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Muamalah (S1)
Depositing User / Editor: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 09 Nov 2015 04:44
Last Modified: 09 Nov 2015 04:44
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/18156

Actions (login required)

View Item View Item