STUDI TERHADAP SERTIFIKASI DAN PENDAYAGUNAAN TANAH WAKAF OLEH PIMPINAN CABANG MUHAMMADIYAH KOTAGEDE YOGYAKARTA

MUJIATUN, NIM. 02351549 (2007) STUDI TERHADAP SERTIFIKASI DAN PENDAYAGUNAAN TANAH WAKAF OLEH PIMPINAN CABANG MUHAMMADIYAH KOTAGEDE YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (STUDI TERHADAP SERTIFIKASI DAN PENDAYAGUNAAN TANAH WAKAF OLEH PIMPINAN CABANG MUHAMMADIYAH KOTAGEDE YOGYAKARTA)
BAB I,V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (18MB) | Preview
[img] Text (STUDI TERHADAP SERTIFIKASI DAN PENDAYAGUNAAN TANAH WAKAF OLEH PIMPINAN CABANG MUHAMMADIYAH KOTAGEDE YOGYAKARTA)
BAB II,III,IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (16MB)

Abstract

Seiring dengan Perkembangan zaman berpengaruh pada bergesernya nilainilai dalam masyarakat termasuk nilai keberagamaan juga kepercayaan masyarakat. Perubahan tersebut berdampak pada pelaksanaan dan pemanfaatan harta wakaf, meningkatnya kebutuhan masyarakat terhadap penggunaan tanah untuk pembangunan merupakan salah satu faktor yang dijadikan alasan mengenai pentingnya memelihara, melindungi dan mendayagunaan tanah wakaf dengan sebaikbaiknya. Melindungi dan memelihara tanah wakaf dengan mensertifikasi adalah upaya yang sangat positif sehingga bisa mempunyai status yang jelas di mata hukum untuk menghindari penyalahgunaan tanah wakaf itu sendiri. Penelitian ini secara khusus membahas dua hal pokok mengenai bagaimana PCM Kotagede dalam mengupayakan sertifikasi tanah wakaf dan bagaimana pendayagunaan tanah wakaf yang dikelola oleh PCM Kotagede. Penelitian masalah wakaf tersebut diharapkan bisa memberikan wacana dan pencerahan baru bagi masyarakat pada umumnya dan para pengelola tanah wakaf pada khususnya. Untuk mencapai tujuan tersebut, penelitian ini menggunakan pendekatan yuridis yang mengacu pada Perundang-undangan perwakafan dan data dianalisis secara deskriptif-analitik. Data dikumpulkan melalui observasi dan wawancara, kemudian diolah dan dianalisa secara bertahap. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pertama, pengelolaan tanah wakafyang ada di Kotagede dalam hal sertifikasi tanah wakaf sudah menunjukkan keadaan yang menggembirakan hal ini terlihat dari adanya beberapa tanah wakaf yang sudah disertifikasi dibandingkan dengan beberapa tahun yang lalu. Kedua, pendayagunaan tanah wakaf oleh PCM sudah terlaksana sesuai dengan harapan masyarakat namun PCM belum mengembangkan pemanfaatannya secara menyeluruh dan optimal. Kata Kunci: Tanah Wakaf, Sertifikasi, Pendayagunaan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: DRS. SUPRIATNA, M.Si
Uncontrolled Keywords: Tanah wakaf
Subjects: Al-Ahwal Asy-Syakhsiyyah
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Al-Ahwal Asy-Syakhsiyyah (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 11 Nov 2015 08:16
Last Modified: 11 Nov 2015 08:16
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/18170

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum