ANALISIS KEPUASAN NASABAH BMT BINA MARTABAT INSANI (BMI) YOGYAKARTA

ANFSTI MARGARINA, NIM. 00390307 (2007) ANALISIS KEPUASAN NASABAH BMT BINA MARTABAT INSANI (BMI) YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS KEPUASAN NASABAH BMT BINA MARTABAT INSANI (BMI) YOGYAKARTA)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (20MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS KEPUASAN NASABAH BMT BINA MARTABAT INSANI (BMI) YOGYAKARTA)
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (16MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleb makin banyaknya Baitul Maalwat Tamwil yang menawarkan produk jasa keuangan, sehingga menimbulkan bermacam persepsi dan pilihan serta kepuasan nasabah. Penelitian ini bermaksud untuk menguji bagaimana kualitas pelayanan, bagi basil, lokasi serta kelengkapan produk secara individu maupun bcrsama-sama berpengaruh terhadap kepuasan nasabah BMT Bina Martabat Insani. Kepuasan nasabah diukur dengan memperbatikan jawaban kuisioner responden terbadap item pertanyaan masing-masing variabel baik independent maupun dependent. Dalam pcnelitian ini, kualitas pclayanan diartikan scbagai tata cara pengelola BMT memberikan pelayanan kepada nasabahnya. Jumlah bagi basil diartikan sebagai jumlah nominal penambahan uang dari jumlah uang yang diinvestasikan di BMT. Lokasi perusahaan yaitu letak di mana perusahaan itu beroperasi. Kelengkapan produk yaitu macam-macam produk yang ditawarkan kepada nasabah dan sesuai dengan kebutuhan mereka. Pemilihan variabel tersebut dikarenakan dalam melakukan transaksi dengan BMT Bina martabat Insani, baik nasabah maupun BMT selalu dihadapkan pada kepentingan mempcrhatikan keempat faktor tersebut. Alat analisis yang digunakan adalah regresi tinier bcrganda yang pengujiannya menggunakan uji asumsi klasik regresi dan uji statistik. Terpenuhinya beberapa asumsi ldasik pada persamaan yang dipakai dalam penelitian ini menunjukan koefisien regresi pada model persamaan dapat dipakai untuk mengadakan analisis dan dapat menginterpretasi permasalahan yang dibahas dalam pcnelitian ini. Hasil uji t-statistik menunjukan bahwa masing-masing variabel secara individu, sifnifikan mempengaruhi kepuasan nasabah dengan probabilitas 0,000. Dan besarnya pengaruh tersebut ditunjukan oleh Koefisien Beta. Pada uji Fstatistik, semua variabe1 secara serentak dan bersama-sama mempengaruhi kepuasan nasabah. Adapun besarnya pengaruh tersebut ditunjukan oleh Koefisien determinasi R Square sebesar 0, 763 yang berarti kepuasan nasabah BMT Bina Martabat Insani mampu dijelaskan oleh empat variabel tersebut sebesar 76,3% dan sisanya dijelaskan oleb variabel lain yang tidak diuji dalam penelitian ini sebesar 23,7%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: H. SY AFIQ MAHMADAH HANAFI, M.Ag
Subjects: Keuangan Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Keuangan Islam (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum [IT Staff] ---- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 11 Nov 2015 09:39
Last Modified: 11 Nov 2015 09:39
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/18201

Actions (login required)

View Item View Item