PENGARUH MARKETING MIX TERHADAP PREFERENSI NASABAH PADA PT. BANK MUAMALAT INDONESIA TBK. CABANG YOGYAKARTA

SITI FITRIYAH AN' ANAH, NIM. 00390525 (2007) PENGARUH MARKETING MIX TERHADAP PREFERENSI NASABAH PADA PT. BANK MUAMALAT INDONESIA TBK. CABANG YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH .MARKETING MIXTERHADAP PREFERENSI NASABAH PADA PT. BANK MUAMALAT INDONESIA TBK. CABANGYOGYAKARTA)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (24MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH .MARKETING MIXTERHADAP PREFERENSI NASABAH PADA PT. BANK MUAMALAT INDONESIA TBK. CABANGYOGYAKARTA)
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (21MB)

Abstract

Perilaku konsumen dalam perspektif syari'ah memiliki keunggulan bahwa dalam memenuhi kebutuhannya tidak sekedar memenuhi kebutuhan individual (materi), tetapi juga memenuhi kebutuhan sosial (spiritual). Islam juga mengharuskan perilaku konsumennya mencerminkan hubungan dirinya dengan Allah SWT. dan hubungan dirinya dengan manusia. Konsep inilah yang nantinya menjadi saringan moral bagi konsumen muslim untuk menentukan preferensinya dalam memenuhi kebutuhannya. PT. Bank Muamalat Indonesia Tbk. memiliki visi untuk menjadi bank syari'ah utama di Indonesia, yang dominan di pasar emosional dan dikagumi di pasar rasional. Hal ini membuktikan bahwa peta pemasaran di Indonesia saat ini menunjukkan tanda-tanda pergerakan dari pasar rasional ke pasar emosional, bahkan ke pasar spiritual. Melalui visi tersebut, PT. Bank Muamalat Indonesia Tbk. memerlukan strategi pemasaran yang efektif supaya dapat merebut hati konsumen agar menjadi nasabahnya. Marketing mix yang terdiri dari produk, harga, distribusi dan promosi merupakan unsur pokok dalam strategi pemasaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji bagaimanakah pengaruh variabel marketing mix yang terdiri dari produk (X1), harga (X2) , distribusi (X3) dan promosi OC4) terhadap variabel preferensi nasabah (Y) baik secara parsial maupun simultan. Pengumpulan data dilakukan dengan metode kuesioner. Teknik pengambilan sampel menggunakan probability sampling. Adapun sampel yang diambil adalah nasabah PT. Bank Muamalat Indonesia Tbk. Cabang Yogyakarta dan nasabah potensial. Teknik pengukuran instrumen dalam penelitian ini menggunakan skala Likert. Alat statistik yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara variabel-variabel marketing mix dengan variabel preferensi nasabah secara parsial. Hal ini ditunjukkan oleh nilai statistik masing-masing variabel, yaitu produk (X1) = 6,152; harga (X2) = 4,409; distribusi (X3) = 3,197 dan promosi OC4) = 3,471. Sedangkan pengaruh variabel marketing mix terhadap variabel preferensi nasabah secara simultan ditunjukkan oleh uji F sebesar 137,093 dengan nilai signifikansi 0,000. Artinya, variabel marketing mix mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap variabel preferensi nasabah secara simultan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: SUNARSffi, SE., M.Si.
Subjects: Keuangan Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Keuangan Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 11 Nov 2015 10:57
Last Modified: 11 Nov 2015 10:57
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/18207

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum