PELAKSANAAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MI MA' ARIF KEDIWUNG PASCA BENCANA DI DLINGO BANTUL

HERNI SUSIYANTI, NIM. 03410094-02 (2007) PELAKSANAAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MI MA' ARIF KEDIWUNG PASCA BENCANA DI DLINGO BANTUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PELAKSANAAN PENOLDIKAN AGAMA ISLAM OR ML MA' ARLF KEDIWUNG PASCA BENCANA 01 OLLNGO BANTUL)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PELAKSANAAN PENOLDIKAN AGAMA ISLAM OR ML MA' ARLF KEDIWUNG PASCA BENCANA 01 OLLNGO BANTUL)
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

HERNI SUSIYANTI. Pelaksanaan Pendidikan Agama Islam di Ml Ma'arif Kediwung Pasca bencana di Dlingo Rantul. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga, 2007. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis secara kritis tentang pelaksanaan pendidikan agama Islam di MI Ma'arif Kediwung pasca bencana di Dlingo Bantul serta faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan PAl di madrasah tersebut. hasil penelitian ini diharapkan dapat dipergunakan untuk lebih meningkatkan mutu pelaksanaan PAl bagi siswa korban bencana. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambillatar MI Ma 'arif Kediwung. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna tcrhadap data yang berhasil dikumpulkan, dari makna itulah ditarik kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan deengan menggunakan triangulasi sumber, yaitu dengan membandingkan data hasil observasi dengan data wawancara dan data yang diperoleh melalui dokumcn. Hasil penelitian menunjukkan: (I) Pelaksanaan pendidikan agama Islam di Ml Ma ·arif Kediwung pasca bencana di Dlingo Bantu! bertujuan agar para siswa memahamai, menghayati dan mengamalkan nilai-nilai ajaran islam sehiingga dapat mcningkatkan iman dan takwa kepada Tuhan, sehat jasmani dan rohani serta terhindar dari gangguan-gangguan psikologis pasca bencana agar tercapai kebahagiaan di dunia dan akhirat. Untuk mewujudkan tujuau dalam pelaksanaan PAI tersebut materi yang dibcrikan mencakup materi pokok ajaran Islam yaitu materi akidah, ihadah dan akhalak. Materi tersebut disampaikan melalui metode fim learning, learning by Joi1zg and learning by experience, diskusi, cerita dan outbond. Hasil pelaksanaan PAl di MI Ma'arif Kediwung pasca bcncana di Dlingo menunjukkan bahwa pelaksanaan PAl dapat memberikan nilai pusilif bagi pemuhhan kondisi psikologis s1swa dan gangguan-gangguan psikologis pasca bencana gempa dan dapat memberikan motivasi siswa untuk bangkit dan menatap masa deepan mereka kembali. (2) Faktor pendukung dalam pelaksanan PAl di MI Ma'arif Kediwung antara lain: adanya rasa peduli dan motivasi yang tinggi dari kalangan guru akan pentinbrnya pelaksanaan PAl bagi siswa serta adanya pelatihan-pelatihan bagi guru dalam pendampingan siswa. pasca bencana sehingga dapat menambah kompetensi guru dalam pelaksanaan PAl dulam situasi pasca bencana Sdain itu respon siswa yang baik dan semangat mereka untuk bangkit juga menjadi pendukung pelaksanaan PAL Sedangkan yang mcnjadi faktor pcnghambat dalam pclaksanaan PAI yaitu adanya guru yang kurang disiplin dalam tugasnya, keterbatasan sarana belajar serta masih sering munculnya gempa susulan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dra. Hj. AFiyah AS, M.Si
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 11 Nov 2015 14:28
Last Modified: 11 Nov 2015 14:28
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/18218

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum