PERPADUAN METODE TRADISIONAL DAN METODE MODERN DALAM PAI DI MADRASAH ALIYAH ALI MAKSUM KRAPYAK YOGYAKARTA

LAELATUL BADRIYAH, NIM. 03410111 (2007) PERPADUAN METODE TRADISIONAL DAN METODE MODERN DALAM PAI DI MADRASAH ALIYAH ALI MAKSUM KRAPYAK YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERPADUAN METODE TRADISIONAL DAN METODE MODERN DALAM PAL DI MADRASAH ALIYAH ALI MAKSUM KRAPYAK YOGYAKARTA)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (24MB) | Preview
[img] Text (PERPADUAN METODE TRADISIONAL DAN METODE MODERN DALAM PAL DI MADRASAH ALIYAH ALI MAKSUM KRAPYAK YOGYAKARTA)
BAB II, III,.pdf
Restricted to Registered users only

Download (18MB)

Abstract

LAELATUL BADRIYAH. Perpaduan Metode Tradisional dan Metode Modern dalam PAI di Madrasah Aliyah Ali Maksum Krapyak Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga, 2007. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisa secara kritis tentang proses penerapan perpaduan metode Tradisional dan metode Modem dalam pembelajaran PAl di Madrasah Aliyah Ali Maksum serta evaluasi hasil belajarnya. Basil penelirian ini diharapkan akan dapat dipergunakan untuk menyempurnakan penerapan perpaduan metode dalam proses pembelajaran PAI tersebut. Penelitian ini rnerupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar Madrasah Aliyah Ali Maksum Krapyak Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, dan dari makna itulah ditarik kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dengan mengadakan triangulasi dengan dua modus, yaitu dengan menggunakan sumber ganda dan metode ganda. Hasil penelitian menunjukkan: (1). Proses pembelajaran rnata pelajaran PAl berlangsung dengan langkah-langkah pembelajaran yang sesuai dengan perencanaan pembelajaran, yang di dalamnya terjadi proses perpaduan metode Tradisional dan metode Modern. (2). Metode yang digunakan dalam penerapan perpaduan metode Tradisional dan Modem dalam pembelajaran P AI, metode tradisional adalah metode sorogan, bandongan, dan hafalan, metode modern adalah ceramah, tanya jawab, diskusi, latihan, dan pemberian tugas. Metode-metode tersebut mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing, sehingga dalam penerapannya dipadukan antara metode yang satu dengan yang lainnya. (3). Perpaduan metode Tradisional dan Modem dalam pcmbelajaran PAl merupakan bagian proses pembelajaran untuk mencapai hasil pembelajaran yang sesuai dengan tujuan. Perpaduan metode pembelajaran adalah penggabungan metode-metode mengajar. Dengan begitu, kekurangan metode yang satu dapat ditutupi oleh kelebihan metode yang lain. Maka dengan strategi mengajar yang saling melengkapi ini akan menghasilkan hasil pembelajaran yang lebih baik. Perpaduan metode pembelajaran tnt rnembentuk model perpaduan pembelajaran komplementer. Metode pembelajaran yang mengalami perpaduan yaitu:a). Metode sorogan dipadukan dengan metode ceramah, tanya jawab, dan pemberian tugas. b). Metode bandongan dipadukan dengan metode ceramah, tanya jawab, dan pemberian tugas. c). Matode bandongan dipadukan dengan metode ceramah, diskusi, tanya jawab, dan pemberian tugas. d). Metode sorogan, bandongan dipadukan dengan metode ceramah, tanya jawab, dan pemberian tugas. e). Metode hafalan, bandongan dipadukan dengan metode ceramah, tanya jawab, dan latihan. f).Metode hafalan dipadukan dengan metode ceramah, tanya jawab, dan latihan. Perpaduan metode ini terjadi pada mata Qur'an-Hadits, Aqidah-Akhlak, dan Fiqih. Sedangkan untuk mata pelajaran SKI hanya menggunakan metode Modem saja. Evaluasi hasil belajar, guru PAl rnenggunakan evaluasi tiga ranah yaitu evaluasi kognitif, afektif, dan psikomotor, dengan teknik tes tulis dan tes lisan, dengan jenis tes formatif dan tes sumatif, serta tes kinerja dalam penilaian berbasis kelas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Mahmud Arif, M.Ag.,
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 11 Nov 2015 14:41
Last Modified: 11 Nov 2015 14:41
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/18219

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum